Representasi Perempnan dalam Film (Semiotic Analysis tentang Representasi Perempnan dalam Koateks Budaya Jepang Melalul Penokokan Aznmi pada Films Azumi)

Mica Vetri Agusta, 070116553 (2006) Representasi Perempnan dalam Film (Semiotic Analysis tentang Representasi Perempnan dalam Koateks Budaya Jepang Melalul Penokokan Aznmi pada Films Azumi). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-agustamica-3063-kkbkk-2-k.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-agustamica-3063-fisk54-r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Film seolah-olah menyajikan kehidupan sosial perempuan yang sebenarnya, bagaimana karakter perempuan yang seharusnya serta bagaimana perempuan harus `berpenampilan'. Dalam film, perempuan sering dijadikan sebagai pendamping tokoh utama yaitu laki-laki. Perempuan digambarkan sebagai makhluk yang lemah dan sering mengalami kekerasan baik fisik maupun mental. Ada beberapa film yang menggunakan perempuan sebagai tokoh utama, salah satunya adalah `Azumi'. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaimanakah representasi perempuan dalam konteks budaya Jepang melalui penokohan Azumi pada film `Azumi'. Tinjauan pustaka yang digunakan adalah: Pendekatan Semiotik dalam Film; dan Representasi Perempuan dalam Film. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan metode semiotik yang dikemukakan oleh John Fiske, yaitu melalui level realitas dan level ideologi. Menurut analisis dalam penelitian ini terdapat hasil yang diperoleh oleh peneliti antara lain: film `Azumi' merepresentasikan perempuan dalam konteks budaya Jepang melalui penokohan Azumi sebagai seorang perempuan yang kuat, gesit, superior dan tidak pantang menyerah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa representasi perempuan dalam film `Azumi' dalam konteks budaya Jepang melahirkan sebuah film yang mengubah stereotype yang telah dilabelkan pada seorang perempuan Jepang. Perempuan Jepang adalah perempuan yang lemah, tidak punya harga diri dan pasrah. Pada film `Azumi', sosok Azumi direpresentasikan sebagai seorang perempuan yang kuat, gesit, superior, dan tidak pantang menyerah dalam melaksanakan dan menuntaskan misi yang telah diberikan oleh gurunya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 54/06 Agu r
Uncontrolled Keywords: WOMEN; TELEVISION FILM
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Mica Vetri Agusta, 070116553UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLiestyaningsih D, Dra., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 04 Dec 2006 12:00
Last Modified: 11 Jul 2017 02:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15043
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item