REPRESENTASI NILAI-NILAI MASKULINITAS BARU (Sebuah Analisis Semiotika Pada Tokoh Michael Vaughn Dalam Film Serial TV Alias

RIZKI YULLI I.S, 070216804 (2006) REPRESENTASI NILAI-NILAI MASKULINITAS BARU (Sebuah Analisis Semiotika Pada Tokoh Michael Vaughn Dalam Film Serial TV Alias. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21. Abstrak Fis K 44-06 Riz r.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-rizkiyulli-3129-fisk44-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sosialisasi mengenai `keharusan' laki-laki dan perempuan bersikap serta bertingkah laku telah berkembang selama berabad-abad lamanya di masyarakat, bahkan hingga saat ini. Akan tetapi, meskipun pembedaan gender serta pemberlakuan sifat feminin bagi perempuan dan maskulin bagi laki-laki masih juga berlaku, berkat perkembangan jaman yang bergerak serba cepat kearah modernisasi sekaligus karena masyarakat sekarang cenderung bersifat permisif terhadap munculnya fenomena baru, juga akibat gerakan perempuan (feminisme) yang berjalan pesat dan mempengaruhi kerangka berpikir di banyak masyarakat atau negara, keadaan tersebut mulai berubah. Saat ini, banyak sekali kita jumpai seorang perempuan yang cenderung berpenampilan serta bertingkah laku maskulin (kelaki-lakian), dimana hal sebaliknya juga berlaku. Dalam hal peran pun, kita juga sering menemui fenomena : suami tinggal dirumah dan mengurus anak, sementara istri bekerja mencari nafkah bagi keluarganya. Dengan demikian, batasan-batasan antara maskulinitas bagi laki-laki dan femininitas bagi perempuan menjadi kabur. Munculnya pergeseran ini agaknya juga mempengaruhi tampilan dan isi media, terutama media elektronik. Iklan televisi misalnya. Yang selama ini lebih banyak mengeksploitasi perempuan, kini mulai menggunakan laki-laki sebagai obyek. Dengan kata lain, kaum Adam pun temyata tidak lepas dari pemanfaatan eksploitasi tubuh mereka untuk iklan berbagai produk mulai dari rokok, minuman kesehatan hingga kosmetik khusus laki-laki. Sedangkan untuk media film, lebih banyak tampilan pahlawan perempuan bermunculan pada berbagai jenis film masa kini. Mereka tidak hanya ditampilkan tough, mandiri, indepeden, tapi malah kadang muncul dalam sosok karakter yang maskulin dan seringkali menjadi `jagoan' atau `pahlawan (heroine)' dalam film tersebut. Contoh dan genre film ini antara lain : Buffy The Vampire Slayer, Dark Angel, Xena Warrior Princess, La Femme Nikita, dan tentu saja obyek penelitian ini : Alias. Kesemua film tersebut menampilkan sosok perempuan yang kuat, tangguh, jago berkelahi, keras kepala, dan sangat independen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 44/06 Riz r
Uncontrolled Keywords: MASCULINITY (PSYCHOLOGY); MEN - PSYCHOLOGY
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
RIZKI YULLI I.S, 070216804UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRatih Puspa, S.Sos., MAsOS
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 08 Dec 2006 12:00
Last Modified: 11 Jul 2017 02:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15051
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item