PERLAWANAN IDENTITAS ( Studi Terhadap Strategi Pembinaan Kader dan Strategi Politik Partai Keadilan Sejahtera Dalam Menghadapi Modernisasi di Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Jawa Timur )

TRIONO WAHYU SANTOSO, 070116517 (2007) PERLAWANAN IDENTITAS ( Studi Terhadap Strategi Pembinaan Kader dan Strategi Politik Partai Keadilan Sejahtera Dalam Menghadapi Modernisasi di Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Jawa Timur ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-santosotri-4619-fiss02-k.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
15061.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam penelitian ini membahas tentang strategi pembinaan dan kebijakan politik Partai Keadilan Sejahtera dalam menghadapi arus modernisasi. Sistem politik demokrasi menjadi gambaran identitas baru yang dibawa oleh arus modernisasi. Dengan menjelaskan latar belakang historis modernisasi yang terjadi di Eropa memberikan gambaran tentang realitas sosial yang terjadi di Eropa pada saat modernisasi terjadi. Penelitian ini menggunakan pisau analisa berupa teori Modernisasi (klasik dan Modern), Teori Identitas, Gerakan Kebangkitan dan Partai Politik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Pemilihan informan dalam penelitian ini ditentukan secara Purposive dengan informan kunci dua orang yaitu: Ust. Shmad Habibul Muiz yang merupakan Ketua Bidang Pembinaan Kader (BPK) Partai Keadilan Sejahtera Dewan Pengurus Wilayah Jawa Timur dan Umar Sholahudin yang merupakan Wakil Ketua Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Jawa Timur. Dengan wawancara secara langsung data kemudian di analia secara kualitatif dengan tambahan data-data yang berbentuk dokumen. Beberapa hal yang ditemukan dalam penelitian ini, pertama Gerakan¬gerakan Islam tubuh dan berkem-bang seiring arus modernisasi yang membuka kebebasan berekspresi bagi setiap manusia, kedua selain adanya peluang untuk mengaktuialisasikan diri, gerakan-gerakan tersebut juga menghadapi nilai-nilai identitas baru yang bertentangan terhadap nilai-nilai identitas yang dianutnya. Ketiga, Partai Keadilan Sejahtera yang lahir dari proses modernisasi berusaha untuk berinteraksi dengan nilai-nilai identitas baru yang dibawa modernisasi tersebut dengan menekakan pada aspek pembinaan kader dan strategi politik yang berkaitan dengan syariat Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 02/07 San p
Uncontrolled Keywords: POLITICS AND CULTURE
Subjects: H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc > HS1-3371 Societies: secret, benevolent, etc. > HS1501-2460.7 Other societies. By classes > HS2301-2460.7 Political and "patriotic" societies
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
TRIONO WAHYU SANTOSO, 070116517UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudarso, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 11 May 2007 12:00
Last Modified: 04 Jun 2017 17:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15061
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item