PERILAKU KONFLIK MASYARAKAT SEKITAR MAL RAKSASA (Studi Konflik Antara Institusi Pendidikan dengan Pemerintah Kota Malang Terhadap Pembangunan Malang Town Square)

Aries Eka Satrya, 070116489 (2007) PERILAKU KONFLIK MASYARAKAT SEKITAR MAL RAKSASA (Studi Konflik Antara Institusi Pendidikan dengan Pemerintah Kota Malang Terhadap Pembangunan Malang Town Square). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-satryaarie-4621-fiss03-k.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
15062.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pembangunan mal telah menjadi bagian dari realitas kota. Kota Malang tak lepas menjadi sasaran pembangunan mal. Meski sebelumnya di Malang telah ada banyak mal yang berdiri namun sebuah mal raksasa baru didirikan dan menjadi sebuah kontroversi bagi beberapa kalangan. Malang Town Square yang didirikan di Jalan Veteran menjadi buah perdebatan bagi kalangan pendidikan yang ada di sekitarnya. Memang mal yang menggunakan sistem strata tittle dalam pengelolaannya tersebut dibangun di daerah yang dipadati oleh berbagai institusi pendidikan. Aksi penolakan atas pendirian Malang Town Square atau Matos dilakukan oleh institusi pendidikan yang kemudian memunculkan berbagai kelompok-kelompok yang berkonflik. Pemerintah Kota Malang sebagal pihak yang dianggap memberi ijin dalam pembagunan Matos dipersalahkan oleh berberapa kalangan tertentu, terutama dari kalangan institusi pendidikan. Sedangkan dari pihak Malang Town Square sendiri Iebih banyak menarik diri dalam konflik yang terjadi. Hasil dari pengamatan menghasilkan kelompok-kelompok yang terlibat dalam konflik yaitu Pemerintah Kota Malang, Malang Town Sqare, warga institusi pendidikan dan warga sekitar Malang Town Square. Aksi protes terjadi dalam berbagai bentuk pendekatan yuridis dan aksi turun ke jalan. Bahkan pada puncaknya di peresmian mal raksasa tersebut aksi kekerasan mewamai aksi penolakan yang terjadi. Hasil dari setiap aksi penolakan senantiasa dimenangkan oleh Pemerintah Kota hingga Malang Town Square selesai berdiri. Meski Malang Town Square telah selesai berdiri, namun efek dari pembangunannya menyisakan berbagai konflik laten yang ada di benak warga masyarakat. Melalui penelitian ini dideskripsikan mengenai penyebab adanya konflik, bentuk-bentuk gerakan dan dinamika dari konflik yang terjadi. Penelitian ini menggunakan sejumlah teori-teori perilaku konflik yang ada dalam masyarakat. Untuk membantu pemahaman penelitian digunakan pula alat bantu analisis pemetaan konflik. Penelitian ini dilakukan di kota Malang terutama di daerah sekitar Jalan Veteran. Informan berasal dari masyarakat sekitar Malang Town Square dan juga pendapat dari pemerintah kota tentang pembangunan Malang Town Square. Metode analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis penelitian kualitatif, dengan mendasarkan pada data hasil wawancara, observasi dan penelaahan data-data tertulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 03/07 Sat p
Uncontrolled Keywords: CONFLICT; CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
Aries Eka Satrya, 070116489UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBagong Suyanto, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 11 May 2007 12:00
Last Modified: 04 Jun 2017 18:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15062
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item