PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN BERORGANISASI BURUH TERHADAP TINGKAT KEKRITISANNYA DI ORGANISASI BURUH (STUDI KORELASI DI SPSI PT. ABADI ADIMULIA SURABAYA )

MIRZA INDAH SYAFARANI, 070216668 (2007) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN BERORGANISASI BURUH TERHADAP TINGKAT KEKRITISANNYA DI ORGANISASI BURUH (STUDI KORELASI DI SPSI PT. ABADI ADIMULIA SURABAYA ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-syafaranim-4626-fiss09-k.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
15066.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul "Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Berorganisasi Buruh Terhadap Tingkat Kekritisannya di Organisasi Buruh (Studi Korelasi di SPSI PT. Abadi Adimulia Surabaya)", Teori- teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain teori elemen manusia modern yang dikemukakan oleh Alex Inkeles, teori fenomenologi oleh Edmund H.Russerl, teori aksi yang dikemukakan oleh Hinkle dengan merujuk karya Mac Iver, Znaniecki dan Parson, serta teori tentang organisasi buruh yang dikemukakan oleh Frank Tannenbaum, Selig Pealmand serta Sidney and Beatrice. Penelitian ini dilakukan di PT. Abadi Adimulia Surabaya, dengan subyek penelitian yaitu buruh tetap atau non-kontrak, sampel yang diambil ditentukan secara cluster random sampling. Penelitian ini bertipe korelasi yang dianalisis secara kuantitatif. Data diperoleh dengan cara `interview berstruktur' yang dilakukan selain dengan menggunakan kuesioner juga memanfaatkan dokumen-dokumen yang ada baik dari media cetak maupun data perusahaan. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh antara tingkat pendidikan buruh dan tingkat kekritisannya terhadap kebijakan industri,dengan arah hubungan positif Artinya semakin tinggi tingkat pendidikan, semakin tinggi pula tingkat kekritisan buruh. Selain itu pengalaman berorganisasi buruh juga berpengaruh terhadap tingkat kekritisannya, dengan arah hubungan positif. Artinya semakin banyak pengalaman berorganisasi seorang buruh maka semakin tinggi pula tingkat kekritisannya. Dengan kata lain tingkat pendidikan dan pengalaman berorganisasi berpangaruh terhadap tingkat kekritisan buruh terhadap kebijakan perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 09/07 Sya p
Uncontrolled Keywords: EMPLOYER'S ASSOCIATION
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC10-1085 Economic history and conditions
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM831-901 Social change
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
MIRZA INDAH SYAFARANI, 070216668UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMustain Mashud, Dr., MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 11 May 2007 12:00
Last Modified: 04 Jun 2017 19:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15066
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item