KERJASAMA SISTER CITY KOTA SURABAYA (STUDI DESKRIPTIF MENGENAI FAKTOR LATAR BELAKANG DAN PENGHAMBAT KERJASAMA SISTER CITY KOTA SURABAYA)

RIZKY RIY ADITYAWAN NUGRAHA, 070316914 (2007) KERJASAMA SISTER CITY KOTA SURABAYA (STUDI DESKRIPTIF MENGENAI FAKTOR LATAR BELAKANG DAN PENGHAMBAT KERJASAMA SISTER CITY KOTA SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-nugrahariz-5527-fishi5-k.pdf

Download (320kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berusaha mendeskripsikan kerjasama sister city yang telah dilaksanakan oleh Kota Surabaya sejak lima belas tahun yang lalu dari sudut pandang faktor-faktor yang melatar belakangi dan yang berpotensi menghambat. Faktor latar belakang dan faktor penghambat yang sekaligus menjadi rumusan masalah ini selanjutnya diteliti dengan menggunakan landasan teoritik konsep globalisasi serta interdependensi dan diperkuat dengan definisi konseptual kerjasama perkotaan sister city, globalisasi dan desentralisasi sehingga bisa terbentuk satu desain penelitian yang mampu menggambarkan jawaban atas rumusan masalah diatas. Data primer yang banyak dipakai dalam penelitian ini diperoleh dari berbagai sumber terpercaya yang dianggap berkaitan langsung dengan permasalahan ini, baik melalui metode personal interview maupun melalui media surat elektronik (e-mail) Melalui analisis terhadap sebaran data baik primer maupun sekunder ditemukan bukti bahwa ada tiga alasan utama yang mendasari digagasnya pelaksanaan kerjasama sister city oleh Kota Surabaya. Pertama, Surabaya melaksanakan sister city karena terdorong oleh tuntutan globalisasi dan interdependensi. Kedua, dibukanya pintu kemudahan pelaksanaan hubungan luar negeri dengan aktor daerah yang dilandasi oleh pemikiran desentralisasi dan otonomi daerah juga turut mendukung dilaksanakannya kerjasama ini oleh Kota Surabaya. Ketiga, faktor besarnya potensi yang bisa dicapai Surabaya dari kerjasama ini pada umumnya dan dari kelima kota mitra pada khususnya menjadi motivasi terakhir bagi Surabaya dalam hubungan luar negeri ini. Selain itu juga diperoleh data mengenai beberapa faktor yang telah ataupun berpotensi menghambat kelancaran kerjasama antara lain faktor ekonomi, sosial politik dan faktor birokrasi pemerintahan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis HI 52/07 Nug k (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: AUTONOMY; DECENTRALIZATION IN MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC94-1085 By region or country
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN50-995 By region or country
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RIZKY RIY ADITYAWAN NUGRAHA, 070316914UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBaiq L. S. W. Wardhani, Dra., MA, Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 30 Nov 2007 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 09:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15072
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item