PURA MANDARA GIRI SEMERU AGUNG (Studi Tentang Dampak Pendirian Pura Terhadap Kehidupan Ekonomi, Sosial Dan Budaya Pada Masyarakat di Desa Senduro, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang)

Irwanto Muslim, 079314184 (1999) PURA MANDARA GIRI SEMERU AGUNG (Studi Tentang Dampak Pendirian Pura Terhadap Kehidupan Ekonomi, Sosial Dan Budaya Pada Masyarakat di Desa Senduro, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-muslimirwa-5532-fisant-k.pdf

Download (305kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Suatu pembangunan akan membawa perubahan baik secara langsung maupun tidak langsung. Proses perubahan ini membutuhkan sosialisasi pada masyarakat, bagaimana ide-ide baru masuk melalui suatu proses pembangunan tersebut. Ide penulisan skripsi ini berawal dari sini, bagaimana suatu pembangunan dalam hal ini pembangunan agama membawa konsekuensi perubahan pada perilaku ekonomi, sosial dan budaya pada masyarakat di sekitarnya. Penelitian ini mengambil lokasi di dusun Senduro, desa Senduro, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, dengan mem¬pertimbangkan di daerah ini berdiri pura terbesar di Jawa Timur, dan adanya pro dan kontra pada masyarakat Senduro terhadap pendirian pura, yang pada akhirnya berdiri pura tersebut. Penelitian ini menggunakan informan sebanyak sepuluh orang yang telah di¬tentukan. Akan tetapi dengan adanya pura tersebut membawa dampak pada masyarakat yaitu adanya peningkatan dari segi ekonomi, perubahan pada aspek sosial dan yang terakhir dari budaya mengalami beberapa pergeseran. Sementara kita berbicara dalam rangka sasaran-sasaran dan nilai-nilai yang baru, maka ada sedikit hal yang menyakitkan atau konflik pemecahan sosial dari konsekuensi suatu pembangunan. Demikian latar belakang dan isi dari skripsi ini mulai dari konflik pendirian pura sampai dampak pendirian pura tersebut bagi masyarakat sekitarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis Ant 25/07 Mus p
Uncontrolled Keywords: SOCIAL CHANGE
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM831-901 Social change
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
Irwanto Muslim, 079314184UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDjoko Adi Prasetyo, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 30 Nov 2007 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 03:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15077
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item