PERILAKU EKONOMI RASIONAL PEDAGANG LEDRE DI DESA PADANGAN, KECAMATAN PADANGAN, KABUPATEN BOJONEGORO

M. HELMY ANGGORO SANTOSO, 070316995 (2008) PERILAKU EKONOMI RASIONAL PEDAGANG LEDRE DI DESA PADANGAN, KECAMATAN PADANGAN, KABUPATEN BOJONEGORO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15079.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ledre adalah makanan oleh-oleh khas Bojonegoro dengan bentuk menyerupai semprong. Bahan utama ledre terbuat dari pisang raja tua yang merupakan ciri khas dari rasa ledre. Proses memasak ledre hanya bisa dilakukan dengan menggunakan peralatan tradisional, seperti: tungku, menggunakan arang sebagai bahan bakarnya, alat penggorengan dari besi, letok, kapi, dan uleg-uleg. Ledre pertama kali dibuat dan dipasarkan sekitar tahun 1940 di Desa Padangan oleh pengusaha ledre Bapak Kasan (Bapak dari Alim Yuwono, pedagang ledre). Kemudian meluas ke daerah Cepu, Blora, dan Bojonegoro. Pada tahun-tahun berikutnya perkembangan pemasaran ledre semakin meluas sampai tingkat nasional, seperti: Jakarta, Bandung, Semarang, Cirebon, Kudus, Surabaya, Kalimantan dan lain sebagainya. Setelah tahun 1997, pemasaran ledre sampai keluar negeri yaitu di eksport ke Negara Malaysia. Keberhasilan pemasaran ledre tidak bisa lepas dari pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pedagang ledre berkaitan dengan strategi-strategi kegiatan ekonomi. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data melalui (1) wawancara secara terus¬menerus sampai data yang dicari sudah cukup dan (2) observasi partisipatif, dimana peneliti juga ikut terlibat dalam proses memasak ledre sampai proses pengemasan ledre sehingga data yang dihasilkan lebih maksimal. Untuk menganalisis data digunakan teori ekonomi rasional (Popkin, 1979) dengan pendekatan ekonomi formal. Pemilihan teori ini didasarkan atas objek penelitian yaitu seorang pedagang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif Dalam analisis ini diharapkan memperoleh gambaran yang jelas mengenai perilaku ekonomi rasional pedagang Iedre. Dari hasil penelitian ini diperoleh berbagai strategi yang diambil oleh pedagang ledre berdasarkan keputusan dari pilihan-pilihan yang ada dalam rangka menjaga kebertahanan dan perkembangan usahanya. Secara umum strategi pedagang ledre dapat digolongkan menjadi 2 golongan, yaitu strategi produksi dan strategi distribusi. Strategi-strategi tersebut menciptakan suatu pola perilaku bagi pedagang ledre yang didasarkan atas rasionalitas. seperti perilaku mensejahterakan diri sendiri dengan mempertimbangkan secara hati-hati untung dan rugi. Selain itu, juga terdapat perilaku rasional yang terwujud dalam perilaku mengatasi resiko sebagai akibat dari strategi yang diterapkannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis Ant 23/07 San p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; DECISION - MAKING
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT388 Regional economics. Space in economics
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
M. HELMY ANGGORO SANTOSO, 070316995UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorH. Moh. Adib, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 30 Nov 2007 12:00
Last Modified: 04 Jun 2017 19:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15079
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item