IMPLEMENTASI PROGRAM SUBSIDI LANGSUNG TUNAI (Studi Deskriptif tentang Implementasi Program Subsidi Langsung Tunai di Kecamatan Bulak Kota Surabaya)

IKA WAHYUNINGTYAS, 070116574 (2006) IMPLEMENTASI PROGRAM SUBSIDI LANGSUNG TUNAI (Studi Deskriptif tentang Implementasi Program Subsidi Langsung Tunai di Kecamatan Bulak Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-wahyuningt-5644-fisan1-k.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
15083.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Program SLT merupakan salah satu bentuk PKPS BBM di bidang bantuan langsung tunai yang diberikan kepada RTM di seluruh Indonesia berdasar 14 kriteria yang ditetapkan BPS. Program ini bertujuan untuk mempertahankan tingkat konsumsi/kesejahteraan RTM bila pemerintah menaikkan harga BBM. Dalam pelaksanaan program SLT terdapat banyak penyimpangan dan permasalahan. Permasalahan itu antara lain; adanya kecemburuan warga yang tidak menerima SLT terhadap sesama warga yang menerima SLT. Permasalahan yang lain adalah tidak sistematisnya prosedur pengambilan dana yang mengakibatkan salah satu target group yang bernama Waginem (80 tahun) meninggal saat mengambil dana SLT. Pemberian SLT yang bertujuan untuk mempertahankan tingkat konsumsi/kesejahteraan RTM malah menyebabkan kerugian di pihak RTM. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini mengambil tema implementasi program SLT. Oleh karena implementasi program SLT berlangsung di seluruh wilayah Indonesia, maka penelitian ini mengambil salah satu lokasi yaitu di Kecamatan Bulak dengan pertimbangan di kecamatan tersebut ada satu wilayah yang berada di daerah pinggir pantai, yakni Kelurahan Kedung Cowek. Karakteristik masyarakat pesisir yang terkenal keras dan bertemperamen tinggi ini membuat aparat pelaksana takut untuk melakukan pendataan RTM sendirian. Selanjutnya juga dengan pertimbangan lain seperti adanya Asrama Pantai Ria Kenjeran yang dihuni oleh para pekerja Pantai Ria Kenjeran dengan kondisi yang tidak layak huni, sehingga peneliti mempertanyakan bagaimana implementasi program SLT di Kecamatan Bulak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara mendalam, penggunaan dokumen terkait, dan observasi. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling Untuk menguji keabsahan data dilakukan triangulasi sumber data. Hasil penelitian yang didapat, dianalisa dengan dilihat dari 6 faktor, yaitu standard dan tujuan kebijaksanaan, struktur birokrasi, sumber daya (meliputi dana, kewenangan, dan fasilitas), target group, pelaksana (meliputi komunikasi dan koordinasi, disposisi pelaksana, dan keterandalan teori kausalitas), serta dukungan publik. Penelitian ini kemudian menyimpulkan bahwa implementasi program SLT di Kecamatan Bulak masih belum berhasil. Hal ini dapat dilihat dari: sosialisasi program SLT yang dilakukan kepada masyarakat bersifat parsial, yakni hanya pada saat pengambilan SLT; pendataan yang dilakukan oleh BPS terlalu singkat; penyaluran SLT tahap III dan IV mengalami keterlambatan I hingga 2 bulan; serta pengambilan SLT di KPC Sukolilo yang tidak teratur dan berdesak-desakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis AN 15/07 Wah i
Uncontrolled Keywords: SUBSIDIE
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
IKA WAHYUNINGTYAS, 070116574UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorGatot Pramuka, Drs., MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 17 Dec 2007 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 21:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15083
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item