DAMPAK PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JEMBATAN SURAMADU DALAM PENGEMBANGAN WILAYAH KABUPATEN BANGKALAN

FEMI DESYITASARI, 070710228 (2012) DAMPAK PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JEMBATAN SURAMADU DALAM PENGEMBANGAN WILAYAH KABUPATEN BANGKALAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-desyitasar-26157-6.-abstr-k.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan penelitian yaitu mendiskripsikan dampak yang terjadi pasca pembangunan jembatan Suramadu dalam pengembangan wilayah di kabupaten Bangkalan. Yang melatarbelakangi permasalahan tersebut adalah adanya kesenjangan pembangunan wilayah antara Kabupaten Bangkalan dengan kota-kota lain disekitarnya yang ada di Pulau Jawa. Dengan adanya permasalahan tersebut maka pada tahun 2003 dibangunlah megaproyek jembatan yang menghubungkan antara Pulau Jawa dengan Pulau Madura yang diberi nama Jembatan Suramadu. Pembangunan Jembatan Suramadu bertujuan untuk dapat membantu pengembangan wilayah di Pulau Madura dimana dalam penelitian ini lebih difokuskan di Kabupaten Bangkalan sebagai wilayah kaki Jembatan Suramadu. Penelitian ini menggunakan teori pengembangan wilayah,pembangunan infrastruktur, serta dampak pembangunan infrastruktur Jembatan Suramadu dalam pengembangan wilayah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, tipe penelitian deskriptif, lokasi penelitian berada di Kabupaten Bangkalan yang merupakan wilayah salah satu sisi jembatan Suramadu. Sumber informasi yang didapt dalam penelitian ini berasal dari instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Bangkalan yang diwakili oleh BAPPEDA Bangkalan dan Badan Pelaksana Pengembangan Wilayah Suramadu (BPPWS) serta beberapa masyarakat Bangkalan. Untuk teknik penentuan informan bagi pemberi layanan menggunakan Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi. Kemudian kesimpulan dari penelitian ini adalah dapat diketahui bahwa pembangunan Jembatan Suramadu memiliki dampak positiv dan negariv bagi masyarakat Bangkalan yang diklasifikasikan dalam pembangunan infrastruktur di bidang perdagangan,industri, transportasi dan pemukiman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.42/12 Des d
Uncontrolled Keywords: LOCAL AUTONOMY
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3661-3674 Public safety
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
FEMI DESYITASARI, 070710228UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDrs. Roestoto Hartojo Putro, SUUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 28 Jan 2013 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 00:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15089
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item