KINERJA PUSKESMAS DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI PUSKESMAS JERUK, KECAMATAN LAKARSANTRI, SURABAYA

MOHAMMAD ALI MUFTI, 070710223 (2012) KINERJA PUSKESMAS DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI PUSKESMAS JERUK, KECAMATAN LAKARSANTRI, SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-muftimoham-26162-13.-abst-i.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
10.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dewasa ini pelayanan publik telah mendapatkan perhatian yang lebih pada penyelenggaraan pemerintahan. Salah satu jenis pelayanan publik adalah pelayanan kesehatan yang terkait erat dengan kesejahteraan hidup warga negara. Puskesmas merupakan unit pelaksana teknis yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan di wilayah yang paling dekat dengan penduduk, sehingga dapat dikatakan sebagai ujung tombak pencapaian kualitas pelayanan kesehatan yang baik dan berkualitas. Perkembangan pelayanan kesehatan yang disediakan puskesmas telah mengalami berbagai perubahan sekaligus dituntut untuk mampu memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat. Oleh karenanya, pada saat ini kinerja puskesmas sebagai unit layanan kesehatan yang terdekat dituntut untuk semakin baik dan sesuai dengan standar. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan strategi penelitian studi kasus. Teknik Pengumpulan Data (Bukti) menggunakan: Observasi (pengamatan) pendahuluan, wawancara dan dokumentasi. Teknik Penentuan Informan dengan metode purposif sampling. Teknik Analisa Data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Validitas Data dengan menggunakan teknik triangulasi, dan dengan menggunakan teori-teori mengenai pelayanan publik, efektivitas sistem, dan kualitas pelayanan. Hasil temuan yang diperoleh dari penelitian ini diantaranya adalah kinerja Puskesmas Jeruk yang baik, ditunjang oleh pelayanan kesehatan yang beragam, manajemen puskesmas yang baik, dan mutu pelayanan kesehatan yang berkualitas. Selain itu, sertifikat ISO yang diperoleh oleh Puskesmas Jeruk merupakan hasil peningkatan kinerja yang sebelumnya mendapat poin paling rendah diantara puskesmas-puskesmas yang ada di Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.45/12 Muf k
Uncontrolled Keywords: HEALTH SERVICES
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
MOHAMMAD ALI MUFTI, 070710223UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFalih Suaedi, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 28 Jan 2013 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 00:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15091
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item