ANALISIS FRAMING KEBERPIHAKAN KORAN JAWA POS DAN KORAN SURYATERHADAP NEGARA MAJU DAN NEGAR BERKEMBANG YANG DIBINGKAI OLEH MEDIA PADA PEMBERITAAN EVENT PIALA DUNIA 2010 DALAM RUBRIK OLAHRAGA

Yusak Harold, 070710128 (2012) ANALISIS FRAMING KEBERPIHAKAN KORAN JAWA POS DAN KORAN SURYATERHADAP NEGARA MAJU DAN NEGAR BERKEMBANG YANG DIBINGKAI OLEH MEDIA PADA PEMBERITAAN EVENT PIALA DUNIA 2010 DALAM RUBRIK OLAHRAGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-haroldyusa-26217-6.-abstr-k.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualititatif yang berusaha mendeskripsikan keberpihakan media massa terutama Koran Jawa Pos dan Surya dalam membingkai suatu peritiwa akbar yaitu Piala Dunia 2010. Seperti yang kita tahu Jawa Pos dan Surya adalah media cetak yang ada di Surabaya dan mereka punya ideologi media yang tentunya berbeda dalam membingkai suatu berita terutama dalam rubrik olahraga dalam kedua media ini. Pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui ideologi media terhadap pembingkaian terhadap suatu peristiwa khususnya event Piala Dunia 2010 yang diselenggarakan di Afrika Selatan. Berita yang dipilih adalah berita dengan tema yang sama pada event ini di bulan Juni 2010 pada Koran Jawa Pos dan Surya. Metode yang digunakan adalah analisis framing. Dan pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk memaparkan keberpihakan antara negara maju dan berkembang oleh media cetak khususnya pada kedua koran ini. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah adanya perbedaan ideologi yang dipakai setiap media massa dalam membingkai peristiwa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K. 47/12 Har a
Uncontrolled Keywords: soccer, world cup, framing analysis
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Yusak Harold, 070710128UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKandi Aryani, S.sos., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 30 Jan 2013 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 22:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15105
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item