STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING INDOSAT EAST JAVA BALI NUSRA (EJBN) DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS KONSUMEN

RENITA YULIA KUSWINDRIATI, 070810446 (2012) STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING INDOSAT EAST JAVA BALI NUSRA (EJBN) DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS KONSUMEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-kuswindria-22664-5.abstr-k.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berusaha mendeskripsikan strategi relationship marketing Indosat East Java Bali Nusra (EJBN) dalam mempertahankan loyalitas konsumen. Obyek penelitian ini adalah Indosat dengan subyek penelitian yaitu beberapa informan dari tim Marketing, VAS and Community Indosat. Tim Marketing, VAS and Community Indosat ini dipilih sebagai subyek penelitian sebab tim ini yang mengurusi seluruh komunikasi pemasaran Indosat serta berhak menentukan dan menjalankan strategi komunikasi pemasaran Indosat. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, peneliti ingin mendapatkan data yang deskriptif melalui teknik in depth interview dengan subyek penelitian. Indosat sebagai perusahaan penyedia jasa telekomunikasi besar di Indonesia saat ini telah berada pada tahap retensi yang mana telah memiliki puluhan juta pelanggan yang loyal. Maka dari itu, Indosat menyadari perlu melakukan suatu strategi untuk mempertahankan loyalitas konsumennya. Dalam hal ini Indosat telah menerapkan strategi relationship marketing yang memiliki fokus pada pemeliharaan hubungan jangka panjang dengan konsumen. Di sini, perusahaan selalu mengusahakan interaksi dan dialog yang berkelanjutan dengan konsumen. Indosat telah melakukan berbagai strategi relationship marketing antara lain pendekatan komunitas, customer service, saluran digital, brand activation, Customer Relationship Management (CRM) dan program-program retensi konsumen Indosat. Kesemua strategi relationship marketing yang dilakukan Indosat ini terbukti dapat mempertahankan loyalitas konsumen. Hal ini dibuktikan dengan berbagai indikator loyalitas konsumen menurut Indosat yang menyebutkan bahwa konsumen Indosat saat ini telah loyal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.50/12 Kus s
Uncontrolled Keywords: Relationship marketing, marketing communications, interaction and dialogue, Indosat, loyalty.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
RENITA YULIA KUSWINDRIATI, 070810446UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDina Septiani, MCommUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 30 Jan 2013 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 22:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15107
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item