Strategi Promotional Mix Program Anti Narkoba Badan Narkotika Kota (BNK) Surabaya Bagi Remaja

Sheila Junniar, 070610461 (2010) Strategi Promotional Mix Program Anti Narkoba Badan Narkotika Kota (BNK) Surabaya Bagi Remaja. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-junniarshe-26221-5.-abstr-k.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berangkat dari fenomena tingginya tingkat penggunaan Narkoba oleh para remaja dan bagaimana satu-satunya lembaga pemerintah yang bersifat non-komersial membuat dan menjalankan strategi-strategi untuk memberantasnya. Badan Narkotika Kota (BNK) Surabaya mempunyai tugas yang besar dalam merumuskan dan melakukan strategistrategi promosi kesehatan dalam upaya menekan angka pemakai Narkoba. Promotional Mix yang menjadi acuan analisis data peneliti telah membuahkan beberapa kesimpulan bahwa bauran promosi merupakan hal-hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain atau berdiri sendiri. Selain itu, opinion leaders seperti tokoh masyarakat dan agama juga berperan sangat penting bagi proses komunikasi yang dilakukan oleh BNK Surabaya. Pada kasus ini, personal selling lebih kepada penjualan tiket dari program sosial yang dilaksanakan dan bagaimana target market, yaitu remaja, ikut mempromosikan kepada rekan-rekannya tentang kegiatan tersebut. Sales promotion dapat dilihat dari pembuatan jingle-jingle yang bisa dinyanyikan bersama dengan target audience. Hal itu akan mengacu kepada selling activity, di mana selling di sini tidak ditafsirkan mentah-mentah dengan adanya komersialisme (uang), namun bagaimana target audiences mau ikut bergabung dengan kegiatan tersebut. Tinjauan pustaka yang digunakan yaitu Remaja Health Communication, Strategi Promosi Penjualan, Remaja, dan Manajemen Pemasaran. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan deskriptif. Sasaran penelitian adalah Badan Narkotika Kota (BNK) Surabaya dan juga beberapa pihak yang membantu dan menjadi anggota seperti Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Kementrian Agama Kota Surabaya, Drugs Free Community, dan juga Granat. Pihak-pihak selain BNK Surabaya hanya dimaksudkan sebagai tambahan informasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam (in-depth interview). Hasil dari penelitian ini menghasilkan bahwa strategi promotional mix dengan merata telah digunakan Badan Narkotika Kota Surabaya, dalam artian BNK Surabaya mempunyai program-program promosi yang mewakili semua aspek dalam promotional mix.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.52/12 Jun s
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Sheila Junniar, 070610461UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 30 Jan 2013 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 22:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15109
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item