PENERIMAAN BANSER DI SURABAYA TERHADAP ISU PLURALISME DALAM FILM

NELLA ARUM DHIAN, 070710373 (2012) PENERIMAAN BANSER DI SURABAYA TERHADAP ISU PLURALISME DALAM FILM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Film dengan isu pluralisme diangkat sebagai obyek penelitian karena isu – isu pluralisme sering kali menjadi polemik di Indonesia. Berbagai tindakan kekerasan penolakan antar satu agama dengan agama yang lain juga kerap mengatasnamakan agama. Film merupakan media untuk mengkomunikasikan pesan berupa isu – isu pluralisme yang terjadi di Indonesia. Peneliti melihat bahwa film memiliki alternatif pesan yang ingin disampaikan kepada khalayak. Sementara itu tiap – tiap khalayak berbeda – beda dalam memaknai pesan yang ditampilkan. Rumusan permasalahan pada penelitian ini mengkaji bagaimana kader – kader banser dalam memahami, memaknai, dan memberikan pendapatnya terhadap isu – isu pluralisme yang ditampilkan dalam film “?”. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan didasarkan pada studi analisis penerimaan pesan atau reception analysis yang digunakan untuk menganalisis pemikiran individu dalam proses penerimaan pesan tekstual dari media. Tujuan utamanya adalah untuk memperoleh gambaran tentang pemahaman, pemaknaan, dan penerimaan khalayak terhadap tema yang diangkat. Teori dan konsep yang akan dikembangkan dalam penelitian ini berhubungan dengan film sebagai media komunikasi massa dan bagian dari budaya, penerimaan khalayak/ reception analysis, banser dan pluralisme. Tipe penelitian ini adalah deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui in-depth interview. Informan dalam penelitian ini adalah banser di Surabaya yang telah menonton film “?” dan masih aktif dalam kegiatan kebanseran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa banser memaknai pluralisme sebagai suatu interaksi antar pemeluk agama dan suku bangsa yang berbeda – beda. Banser mengungkapkan penggambaran pluralisme dalam film “?”melalui penokohan seorang muslimah berjilbab yang bekerja di restoran China (yang menyajikan masakan daging babi) dan melalui penokohan seorang pemuda Islam yang menjadi Yesus dalam drama Paskah di gereja, tidak bertentangan dengan ajaran agama. Sedangkan masalah agama yang digambarkan melalui tokoh yang berpindah agama dari Islam menjadi non-Islam dimaknai banser sebagai hak asasi masing – masing individu, walaupun secara agama tidak diperbolehkan. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa banser merasa keberatan dengan penggambaran tokoh banser dalam film “?” sebagai suatu pekerjaan dan sebagai pribadi yang berfikiran sempit dan suka melakukan kekerasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.55/12 Dhi p
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL270 Unity and Plurality
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
NELLA ARUM DHIAN, 070710373UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI. G. A. K. Satya Wibawa, S.Sos., MCAUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 30 Jan 2013 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 22:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15112
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item