Implementasi Program CSR (Corporate Social Responsibility) (Study Deskriptif Implementasi Program CSR PT. Wilmar Nabati Indonesia Gresik di Desa Karangkering Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik)

DENY WAHYU APRIADI, 070917032 (2012) Implementasi Program CSR (Corporate Social Responsibility) (Study Deskriptif Implementasi Program CSR PT. Wilmar Nabati Indonesia Gresik di Desa Karangkering Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-apriadiden-26240-6.-abstr-k.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15117.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penerapan program CSR (Corporate Social Responsibility) yang merupakan bentuk tanggung jawab sosial bagi koorporasi saat ini telah menjadi wacana yang paling sering di bahas dalam dunia usaha baik lokal maupun global. Pelaksanaan program CSR juga dilakukan oleh PT. Wilmar Nabati Indonesia Gresik sebagai salah satu anak cabang Wilmar Group. Dalam penelitian ini permasalahan yang diangkat adalah mengenai bentuk CSR yang dilakukan oleh PT. Wilmar Nabati Indonesia Gresik serta implementasi program tersebut terhadap Rukun Nelayan desa Karang-Kiring, kecamatan Kebomas, kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif-kualitatif yang didukung oleh tekhnik pengumpulan data berupa kegiatan observasi dan wawancara mendalam (Indepth-Interview). Dalam penelitian disimpulkan bahwa bentuk program CSR yang dilakukan oleh PT. Wilmar Nabati Indonesia Gresik terdiri atas lima cakupan program yaitu pendidikan, kesehatan, infrastruktur, keagamaan dan ekonomi (tahap finishing untuk direalisasikan awal tahun 2013). Program CSR yang diimplementasikan pada Desa Karangkering yaitu berupa pembangunan infrastruktur Balai Nelayan dan jalan akses menuju Balai Nelayan. Implementasi program CSR tersebut memberikan dampak bagi warga Desa Karangkering. Perubahan etos kerja dan pendapatan serta perkembangan interaksi sosial masyarakat merupakan beberapa dampak yang dihasilkan. Dalam proses implementasi program, terdapat beberapa hambatan baik dari internal (perusahaan) maupun eksternal (masyarakat). Meskipun demikian, program CSR yang telah dirancang tetap dapat diimplementasikan kepada masyarakat Desa Karangkering.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.ANT.21/12 Apr i
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
DENY WAHYU APRIADI, 070917032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDrs. Bambang Budiono, M.S., M.SosioUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 01 Feb 2013 12:00
Last Modified: 04 Jun 2017 21:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15117
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item