Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) ( Studi Eksplanatif Tentang Efektifitas Penerapan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) di Biro, Kepegawaian Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur)

Sholakhul Muniroh, 070316832 (2007) Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) ( Studi Eksplanatif Tentang Efektifitas Penerapan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) di Biro, Kepegawaian Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
41. Abstrak Fis AN 09-08 Mun s.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
15125.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) merupakan salah satu aplikasi dalam pelaksanaan tugas dan tatalaksana pemerintahan yang telah diterapkan Biro Kepegawaian Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur dalam rangka meningkatkan dan mengoptimalkan hubungan antar instansi pemerintah, hubungan antara pemerintah dengan para pegawai negeri atau karyawan pemerintahan yang bekerja di sejumlah institusi sebagai pelayan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi informasi. Permasalahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah bagaimana efektifitas penerapan sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMPEG) pada Biro Kepegawaian Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi (penunjang dan penghambat) efektifitas penerapan sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMPEG) di Biro Kepegawaian Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur. Untuk menjawab permasalahan di atas, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian eksplanatif dengan pengambilan data dari wawancara yang mendalam, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengambilan informan dilakukan dengan cars purposive sampling dan selanjutnya berkembang dengan menggunakan tehnik snowball yang meliputi informan yang berada di instansi terkait yakni Biro Kepegawaian Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, operator Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) dan juga informan yang berasal dari para pengguna (users) layanan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) di Biro Kepegawaian Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur. Analisis data dilakukan dengan menguji, mengkategorikan serta mengkombinasikan kembali bukti-bukti yang didapatkan untuk merunjuk pada pijakan awal penelitian, sedangkan validasi data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang abash Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Penerapan sistem informasi kepegawaian (SIMPEG) di Biro Kepegawaian Sekretariat Daerah Provinsi jawa Timur sudah cukup efektif karena SIMPEG telah mampu mengubah proses kedalam administrasi kepegawaian di Biro Kepegawaian Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur menjadi lebih cepat, informational dan akurat. hanya saja masih terdapat kelemahan-kelemahan yang masih harus diperbaiki agar efektifitas penerapan SIMPEG di Biro Kepegawaian Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur menjadi lebih optimal seperti kemampuan Sistem informasi Manajemen kepegawaian (SIMPEG) dalam mengatasi kendala geografis yang ternyata belum terlalu signifikan dan masih terbatasnya kewenangan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) oleh kebijakan yang mengatur dan faktor pendanaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis AN 09/08 Mun s
Uncontrolled Keywords: MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS; PERSONNEL MANAGEMENT
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
Sholakhul Muniroh, 070316832UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 17 Feb 2009 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 21:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15125
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item