STRATEGI PENCARIAN INFORMASI REMAJA UNTUK MENGETAHUI PERASAAN CINTA LAWAN JENIS

EKA WULANDARI, 070316902 (2008) STRATEGI PENCARIAN INFORMASI REMAJA UNTUK MENGETAHUI PERASAAN CINTA LAWAN JENIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-wulandarie-9120-abstract-8.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
15131.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Interpersonal communication merupakan komunikasi yang melibatkan dua orang dan saling terhubung satu sama lain untuk membangun suatu hubungan. Semakin intens dan intim suatu hubungan maka isi pembicaraan lebih personal ( depth) dan jumlah topik pembicaraan semakin banyak ( breadth ). Dalam membangun romantic relationships,diperlukan informasi mengenai perasaan pasangan, apakah memiliki perasaan sama untuk menjalin hubungan lebih intim atau tidak. Perbedaan karakteristik antara remaja perempuan dan laki-laki mempengaruhi bagaimana cara mereka untuk mengetahui perasaan cinta lawan jenis, oleh karena itu peneliti merasa tertarik untuk meneliti bagaimana strategi pencarian informasi remaja untuk mengetahui perasaan cinta lawan jenis. Dari latar belakang tersebut, peneliti merumuskan permasalahan sebagai berikut:"Bagaimana strategi pencarian informasi remaja untuk mengetahui perasaan cinta lawan jenis?".Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pencarian informasi yang dilakukan oleh remaja mengenai perasaan cinta lawan jenis. Tinjauan pustaka penelitian ini meliputi relationships development, uncertainty reduction theory, strategi pencarian informasi, dan perkembangan remaja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, tipe penelitian deskritif, teknik pengumpulan data indepth interview. Sasaran penelitian ini adalah remaja usia 12 tahun sampai 22 tahun berdomisili di Surabaya, serta berasal dari latar belakang sosial ekonomi berbeda sehingga dapat di peroleh hasil bervariasi. Unit analisis penelitian adalah narasi-narasi kualitatif dari indepth interview, jenis data yang di gunakan yakni data primer dan teknik analisis adalah menganalisis transkrip dari indepth interview. Hasil penelitian menunjukkan strategi pencarian informasi remaja untuk mengetahui perasaan cinta lawan jenis meliputi directness dan confirmation strategy pada remaja terbuka (ekstrovert), indirect suggestion dan third party pada remaja tertutup (introvert).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 44 08 Wul s
Uncontrolled Keywords: INFORMATION STORAGE AND RETRIEVAL SYSTEMS
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
EKA WULANDARI, 070316902UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Moerdijati, Dra., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 17 Mar 2009 12:00
Last Modified: 04 Jun 2017 22:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15131
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item