PROFIL PENGGUNA RADIO AMATIR DI SURABAYA (Riset Khalayak Terhadap Pengguna Radio Amatir di Surabaya yang Tergabung Dalam Organisasi Radio Amatir Indonesia (ORARI) Lokal Surabaya Timur Berdasarkan Karakteristik Demografis dan Psikografis)

Hanggoro Wicaksono, 070316913 (2007) PROFIL PENGGUNA RADIO AMATIR DI SURABAYA (Riset Khalayak Terhadap Pengguna Radio Amatir di Surabaya yang Tergabung Dalam Organisasi Radio Amatir Indonesia (ORARI) Lokal Surabaya Timur Berdasarkan Karakteristik Demografis dan Psikografis). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-wicaksonoh-9108-abstract-8.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
15133.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian riset khalayak yang membahas tentang pengguna radio amatir yang tergabung di ORARI Lokal Surabaya Timur. Dikarenakan ORARI Lokal Surabaya Timur belum memiliki gambaran yang tepat dari khalayak pengguna radio amatir ini. Dari fenomena tersebut peneliti merumuskan rumusan masalah yaitu profil pengguna radio amatir yang tergabung dalam ORARI Lokal Surabaya Timur berdasarkan karakteristik demografis dan psikografis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metodelogi Survey dan tipe deskriptif. Kerangka konsep yang digunakan antara lain adalah Teori Radio Amatir, Teori Kegiatan Radio Amatir, Teori Riset Khalayak. Populasi penelitian ini adalah para pengguna radio amatir ORARI di Surabaya Timur, yang melalui rumus yamane menghasilkan 66 responden. Menggunakan teknik pengambilan sampel dengan Systematic Sampling dan menggunakan teori VALS 2. Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner dan wawancara, dan diukur dengan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengguna radio amatir ORARI Lokal Surabaya Timur berkarakteristik demografis sebagai berikut: kebanyakan orang dewasa yang berusia 40-50 tahun (38%) dan 80% berjenis kelamin laki-laki, 79% berstatus kepala keluarga dan kebanyakkan beragama Islam (73%). Dengan 82% tingkat pendidikan perguruan tinggi/akademi, mereka mempunyai jenis pekerjaan yang baik, yaitu pegawai swasta (32%), wiraswasta (26%), dan pegawai negeri (16.5%). Mereka yang tidak bekerja hanya 12%, dan mereka kebanyakan telah pensiun dari pekerjaannya sehingga tidak bekerja lagi. Dengan jenis pekerjaan seperti itu tingkat pendapatan tergolong cukup tinggi, 39% ada pada kelompok pendapatan antara Rp. 3.000.001,- - Rp.4.000.000 ; . Selain itu, gaya hidup yang mereka miliki kecenderungan pada segmen Fulfilleds, dengan ciri-ciri : berpendidikan tinggi, berpusat pada keluarga, terbuka pada ide-ide baru dan perubahan sosial, menghargai pendidikan, dan peduli akan kesehatan. Dengan mengetahui profil pengguna radio amatir ini akan dapat memberi gambaran, mengenai khalayaknya kepada ORARI Lokal Surabaya Timur selaku wadah yang akan merencanakan dan mengolah kegiatannya, serta dapat disesuaikan dengan khalayaknya tersebut agar tujuan yang diemban dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 46 08 Wic p
Uncontrolled Keywords: RADIO AUDIENCES; RADIO BROADCASTING
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Hanggoro Wicaksono, 070316913UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSiti Pudji Rahayu, Dra., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 17 Mar 2009 12:00
Last Modified: 04 Jun 2017 22:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15133
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item