HUBUNGAN ANTARA MOTIF DENGAN INTENSITAS MEMBACA MAJALAH GADIS PADA REMAJA PUTRI DI SURABAYA

RATNA DWI ANGGARWATI, 070316996 (2007) HUBUNGAN ANTARA MOTIF DENGAN INTENSITAS MEMBACA MAJALAH GADIS PADA REMAJA PUTRI DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-anggarwati-8918-abstract-8.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15148.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tentang motif dengan intensitas membaca majalah pada remaja putri, yang bertujuan untuk mencari hubungan antara keduanya. Kebutuhan menyebabkan motif dan intensitas membaca seseorang berbeda-beda. Motif dapat dilihat dari motif informasi, motif identitas pribadi, motif integritas dan interaksi sosial, seria motif hiburan. Sedangkan intensitas membaca dilihat dari tingkat keteraturan membaca. Pada usia remaja 13-17 tahun individu sudah memiliki pilihannya sendiri untuk memenuhi kebutuhannya, termasuk dalam hal membaca majalah, sehingga majalah remaja saat ini berusaha memberikan yang dibutuhkan oleh remaja. Majalah Gadis adalah majalah untuk remaja putri yang pertama kali muncul dan paling banyak dibaca oleh remaja saat ini. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui hubungan antara motif membaca dengan intensitas membaca majalah Gadis tersebut Dalam penelitian ini kerangka konseptual yang digunakan adalah: Teori Uses & Gratification, Motif Membaca, Teori Khalayak Media, serta Perkembangan Remaja (Remaja Awal). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif, yaitu studi korelasi yang bertujuan untuk mencari hubungan antara variabel x dengan variabel y melalui pengujian hipotesa. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survey dengan menggunakan kuesioner. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel x adalah motif membaca majalah Gadis dan variabel y adalah intensitas membaca majalah majalah Gadis. Sampel penelitian ini adalah remaja putri usia 13-17 tahun di Surabaya yang berlangganan majalah Gadis dan pengambilan sampelnya menggunakan systematic random sampling dengan jumlah responden 95 orang. Hasil dari penelitian ini terdapat hubungan antara motif informasi dengan intensitas membaca majalah Gadis, motif identitas pribadi dengan intensitas membaca majalah Gadis, dan motif integritas dan interaksi sosial dengan intensitas membaca majalah Gadis. Dimana hubungan yang terjadi adalah positif yang berarti semakin tinggi motif membaca remaja terhadap majalah Gadis maka akan semakin tinggi intensitas membaca majalah Gadis begitu juga sebaliknya. Akan tetapi dalam penelitian ini tidak ditemukan hubungan antara motif hiburan dengan intensitas membaca majalah Gadis. Ini berarti keinginan remaja putri dalam mencari hiburan melalui majalah Gadis tidak tidak ada hubungannya dengan intensitas membaca remaja putri terhadap majalah Gadis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 52 / 08 Ang h
Uncontrolled Keywords: PERSONALITY AND MOTIVATION
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
RATNA DWI ANGGARWATI, 070316996UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSiti Pudji Rahayu, Dra., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 01 Apr 2009 12:00
Last Modified: 05 Jun 2017 17:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15148
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item