PROSES KOMUNIKASI GURU PADA MURID DALAM MENGAJAR MUSIK (Studi Deskriptif Mengenai proses Komunikasi Guru Pada Murid Dalam Mengajar Musik di Sekolah Musik Purwacaraka Music Studio Galati Surabaya)

ALDILA DELARANI, 070317073 (2007) PROSES KOMUNIKASI GURU PADA MURID DALAM MENGAJAR MUSIK (Studi Deskriptif Mengenai proses Komunikasi Guru Pada Murid Dalam Mengajar Musik di Sekolah Musik Purwacaraka Music Studio Galati Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-delaranial-8915-abstract-8.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15149.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendidikan musik, yang akhir-akhir ini menjadi satu bidang pendidikan yang diminati oleh masyarakat, berbeda dengan pendidikan musik di institusi pendidikan formal. Terutama untuk pendidikan musik di sekolah musik yang menerapkan sistem privat seperti di sekolah musik Purwacaraka Music Studio Galaxi Surabaya. Oleh karena itu, proses komunikasi yang terjadi antara guru dan murid dalam kegiatan belajar mengajar berbeda dengan pendidikan pada umumnya. Dalam penelitian ini, akan dibahas mengenai proses komunikasi guru pada murid di sekolah musik Purwacaraka Music Studio Galaxi Surabaya. Proses komunikasi ini ditujukan agar murid memberikan respon atau tanggapan sehingga tercipta sebuah interaksi antara guru dan murid untuk mencapai tujuan dari belajar musik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan in-depth interview atau wawancara. Peneliti memperoleh data dari tiga informan yaitu guru piano klasik, guru biola dan guru gitar elektrik. Ketiga informan ini memiliki usia yang berbeda, latar belakang pendidikan musik yang berbeda serta dari dua jurusan musik yang berbeda yaitu klasik dan pop. Keberagaman ini ikut berperan dalam proses komunikasi guru pada murid. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa pada proses komunikasi dalam mengajar musik, sebelumnya diperlukan strategi awal yang mencakup penyusunan materi pelajaran serta pendekatan guru terhadap orang tua murid. Selain itu, penampilan guru juga ikut menentukan respon yang nantinya akan diberikan oleh murid terhadap guru. Peneliti juga menemukan bahwa proses komunikasi yang diterapkan guru terhadap murid di sekolah musik Purwacaraka Music Studio Galaksi Surabaya dibagi menjadi dua bagian yaitu proses komunikasi pada murid anak-anak dan proses komunikasi pads murid dewasa. Namun, untuk beberapa situasi terdapat kesamaan proses komunikasi yang terjadi antara guru dan murid anak-anak serta murid dewasa, yaitu pada saat tanya jawab. Guru menerapkan tanya jawab selama kegiatan belajar mengajar berlangsung baik pada murid anak-anak maupun murid dewasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 53 / 08 Del p
Uncontrolled Keywords: COMMUNICATION � STUDY AND TEACHING
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) > L900-991 Directories of educational institutions
Q Science > Q Science (General) > Q223-227 Communication in Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
ALDILA DELARANI, 070317073UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYan Yan Cahyana, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 01 Apr 2009 12:00
Last Modified: 05 Jun 2017 18:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15149
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item