KONFIGURASI PETA KEKUATAN POLITIK TUBAN (Studi deskriptif kontestasi partai politik pada pilkada di Kabupaten Tuban, Jawa Timur tahun 2006)

NILA TRIWAHYUNING TYAS, 070417251 (2008) KONFIGURASI PETA KEKUATAN POLITIK TUBAN (Studi deskriptif kontestasi partai politik pada pilkada di Kabupaten Tuban, Jawa Timur tahun 2006). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-tyasnilatr-8890-abstract-8.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15165.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perwujudan demokratisai menjadi sebuah keniscahyaan, dalam wujud pemilihan umum sebagai sebuah tolok ukur dari penyelenggaraan sistem demokrasi yang bebas dan adil (free and fairness). Peralihan kekuasaan yang dilakukan dengan sarana pemilu menyebabkan risiko-risiko politik dalam bentuk pertarungan antarkekuatan politik yang ada. Risiko demokratisasi pada penyelenggaraan pilkada di kabupaten Tuban yang mempunyai dinamika politik tersendiri dan adanya peta konfigurasi antar partai politik untuk memperebutkan kekuasaan. Konfigurasi yang terbagun inilah menimbulkan keingintahuan yang lebih besar peneliti untuk mendeskripsikan pertarungan kekuatan politik yang disebut sebagai kontestasi partai politik pada pilkada. Konfigurasi dari temuan dalam bentuk pertarungan dua kekuatan besar yang ada di Tuban, yakni koalisi kerakyatan partai PKB dan PDIP dengan koalisi yang dibangun oleh gabungan partai politik yang ada di Tuban dengan partai Golkar, sebagai peserta pilkada Tuban tahun 2006. Pertarungan partai politik menjadi sangat penting didalam penelitiaan ini pada proses dinamika konstelasi politik di Tuban. Perebutan kekuasaan yang ada dan menarik lebih dalam lagi pada proses pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis P 25/08 Tya k
Uncontrolled Keywords: POLITICS PARTIES, LOCAL ELECTIONS
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
NILA TRIWAHYUNING TYAS, 070417251UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPriyatmoko, Drs., M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 16 Apr 2009 12:00
Last Modified: 05 Jun 2017 22:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15165
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item