SEPAK BOLA DAN POLITIK ( Studi deskriptif Kepentingan Pejabat Publilk Dalam Sepak Bola (klub Persebaya)

SAIFUL HUDA S, 070317124 (2008) SEPAK BOLA DAN POLITIK ( Studi deskriptif Kepentingan Pejabat Publilk Dalam Sepak Bola (klub Persebaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-saifulhuda-8892-abstract-8.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15166.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sepak bola sangat populer, yang banyak memunculkan kejadian yang menarik untuk diperhatikan, apalagi ketika unsur non-olah raga berusaha masuk kedalamnya, misalnya unsur politik dalam sepak bola. Dalam dunia politik, ada yang membuat sepak bola menjadi titian menuju jalur kekuasaan dan mempertahankan kekuasaan serta kepentingan politiknya. Perebutan kekuasaan pada organisasi struktural di Persebaya sangat kental terasa dalam suksesi kepemimpinan, hal ini puncaknya terlihat pada acara Muscablub (Musyawarah Cabang Luar Biasa) menjelang kompetisi baru yamg akan diikuti Persebaya dalam kompetisi liga Indonesia. Fenomena banyaknya pejabat publik yang masuk dalam sepak bola di Indonesia, tentunya tak lepas dari kepentingan-kepentingan yang menyertainya. Lembaga olah raga yang merupakan lembaga non govermen ternyata tidak lepas sepenuhnya dari tangan pemerintah yaitu masih adanya pemberian bantuan dana dari APBD dan tentunya pemberian suntikan pengarahan atau motivasi demi kemajuan sepak bola tersebut sangat lah penting, namun yang terjadi adalah masuknya pejabat publik yang diharapkan sebagai pembangunan yang mengarah pada perbaikan tersebut tetapi ada kepentingan-kepentingan politic yang menyertinya, yang paling dikhawatirkan akan memberikan dampak yang buruk bagi perkembangan sepak bola tersebut, bukanya pembinaan yang menjadi titik concern malahan hanya mencari prestasi semata demi kepentingan sesaat. Penelitian yang mendapatkan data-data dari media masa, literatur ilmiah dan ditunjang dari wawancara yang digali dari nara sumber mengagambarkan adanya arena mencari kekuasaan dan kepentingan-kepentingan pejabat publik masuk dalam struktur keolahragaan seperti sepak bola. Setidaknya kepentingan pejabat publik digambarkan sebagai berikut, pertama, kepentingan memperolah dukungan suporter. kedua, kepentingan popularitas, dan yang ketiga, kepentingan politisasi anggaran. Pembinaan olah raga terutama sepak bola sangatlah penting untuk pencapaian prestasi dan mengharumkan nama bangsa, masuknya pejabat publik yang diharapkan tentunya lebih baik yang tidak hanya menggandalkan "urusan" birokrasi jika tidak maka lebih baik diurus orang-prang yang profesional yang mengerti dibidangnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis P 24/08 Sai s
Uncontrolled Keywords: LOCAL GOVERNMENT; FOOTBALL FANS
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8111-8123 Government policy. State supervision
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SAIFUL HUDA S, 070317124UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBudi Prasetyo, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 16 Apr 2009 12:00
Last Modified: 05 Jun 2017 22:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15166
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item