MAKNA RELASI KEKUASAAN DAN PEREMPUAN BAGI MASYARAKAT DALAM PILKADES ( Studi Eksplorasi dalam Pemilihan Kepala Desa di Desa Katimoho Kecamatan Kedamen Kabupaten Gresik)

MUKHLISOTUL CHOLIDIAH, 070417337 (2008) MAKNA RELASI KEKUASAAN DAN PEREMPUAN BAGI MASYARAKAT DALAM PILKADES ( Studi Eksplorasi dalam Pemilihan Kepala Desa di Desa Katimoho Kecamatan Kedamen Kabupaten Gresik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTARK)
gdlhub-gdl-s1-2009-cholidiahm-10513-fisp03-m.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-mukhlisotu-9943-fisp03-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Selama ini perempuan dianggap sebagai makhluk yang lemah dan tidak cocok untuk memiliki kekuasaan. Kekuasaan selalu diidentikkan dengan sifat maskulin, androsentris, violence, dan agresif yang biasanya melekat pada diri laki-laki. Sifat-sifat tersebut dianggap tidak cocok untuk perempuan, dimana perempuan diidentikkan dengan sifat lemah, emosional, feminin. Penelitian ini berjudul makna relasi kekuasaan dan perempuan bagi masyarakat dalam pemilihan kepala desa di Desa Katimoho Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana makna relasi kekuasaan dan perempuan bagi masyarakat dalam pemilihan kepala desa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kekuasaan dan teori gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana peneliti terlibat dalam setting sosial yang menjadi tujuan penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan informasi trianggulasi antara wawancara mendalam (depth interview), observasi partisipatif, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kekuasaan untuk mengetahui cara yang digunakan untuk mendapatkan kekuasaan, sumber kekuasaan yang dimiliki dan cara mengelola kekuasaan tersebut, serta pandangan masyarakat tentang kepemimpinan perempuan. Sehingga didapat bahwa perempuan melakukan bargaining dengan nilai-nilai patriarki. Di dalam masyarakat terjadi transisi nilai-nilai dimana masih ada yang mengganggap kekuasaan androsentris dan maskulinis dengan masih melangengnya nilai-nilai androsentris dan maskulinis tetapi ada juga masyarakat yang menggangap bahwa kekuasaan harus diubah menjadi feminis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis P 03/09 Cho m
Uncontrolled Keywords: WOMEN CANDIDATES DEMOCRACY
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
MUKHLISOTUL CHOLIDIAH, 070417337UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Windyastuti, Dra., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 15 Jul 2009 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 14:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15178
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item