TERPILIHNYA KEPALA DESA PEREMPUAN (Studi Deskriptif Kemenangan Calon Perempuan dalam Pemilihan Kepala Desa Tahun 2007 di Desa Klagen, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk)

WAHYU EKO PURWANTO, 070316946 (2009) TERPILIHNYA KEPALA DESA PEREMPUAN (Studi Deskriptif Kemenangan Calon Perempuan dalam Pemilihan Kepala Desa Tahun 2007 di Desa Klagen, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-purwantowa-10507-fisp13-t.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-purwantowa-9947-fisp13-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai terpilihnya perempuan dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) di desa Klagen, kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk tahun 2007. Pada hakekatnya perempuan mempunyai aktualisasi kemampuan untuk berkompetisi dengan laki-laki dalam ranah atau wilayah politik. Di tengah kondisi politik desa saat itu, calon kepala desa Klagen perempuan yaitu Nurnaningsih mampu bersaing dengan calon kepala desa lainnya yaitu para laki-laki dan berhasil memenangkan Pilkades di desa Klagen pada tahun 2007. kemenangan Nurnaningsih cukup menarik, mengingat sebelumnya tidak ada perempuan yang menjadi kepala desa di desa Klagen. Tentunya ini tidak terlepas dari persepsi masyarakat desa Klagen terhadap afiliasi politiknya mengenai figur pemimpin perempuan dan strategi politik kandidat calon kepala desa perempuan serta implemantasinya dalam memperoleh dukungan suara. Penelitian ini dilakukan di desa Klagen pada bulan Juni hingga Nopember tahun 2008. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan kerangka teori yang relevan dengan tema penulisan, dan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode indepth interview atau wawancara dengan subyek penelitian secara mendalam serta teknik penarikan datanya dilakukan secara snow ball. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Penelitian ini pada akhirnya mencapai sebuah kesimpulan bahwa keberhasilan seorang kandidat perempuan dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di desa Klagen yaitu dengan semakin terbukanya sikap dan cara pandang atau persepsi masyarakat desa Klagen dan bisa menerima figur pemimpin perempuan. Selain itu juga terdapat strategi-strategi politik yang dilakukan oleh kepala desa perempuan yang terpilih cukup ampuh untuk memperoleh dukungan dari masyarakat desa Klagen, salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan melakukan kaderisasi masyarakat desa Klagen untuk dijadikan sebagai mesin politik, metode ini hanya dilakukan oleh calon kepala desa perempuan saja. Serta pendekatan terhadap kelompok perempuan dengan melakukan aktivitas seperti pengajian, Posyandu, kelompok PKK, kelompok senam ibu-ibu, kegiatan kesenian dengan membentuk kelompok kesenian campur sari Mustika Agung, serta acara-acara seperti bersih desa atau Nyadranan selalu dihadiri oleh Nurnaningsih sebagai calon kepala perempuan. Hal ini menunjukkan bahwa perempuan mampu memanfaatkan peluang untuk berpartisipasi dalam ranah politik yaitu Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dan perempuan juga ternyata mempunyai motivasi, keinginan dan kompetensi yang besar untuk menjadi seorang pemimpin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis P 13/09 Pur t
Uncontrolled Keywords: GOVERNORS-ELECTIONS
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3289-3367 Organs of government > K3290-3304 The people. Election law
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
WAHYU EKO PURWANTO, 070316946UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWisnu Pamutanto, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 15 Jul 2009 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 14:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15179
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item