Strategi Marketing Public Relations CITRALAND Surabaya dalam Membangun Reputasi pada Publik Konsumen

RR. RANIAR PUSPA KUSRANTI, 070517912 (2009) Strategi Marketing Public Relations CITRALAND Surabaya dalam Membangun Reputasi pada Publik Konsumen. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-kusrantirr-10623-fisk27-k.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-kusrantirr-9959-fisk27-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bermaksud mendeskripsikan strategi marketing public relations CITRALAND Surabaya dalam membangun reputasi pada publik konsumen. Suatu perusahaan apapun jenis usahanya harus memiliki reputasi yang baik jika menginginkan untuk tetap eksis. Reputasi merupakan bagaimana publik memandang dan berpersepsi tentang perusahaan, dengan memiliki reputasi yang baik maka citra perusahaan juga akan terjaga dan bahkan dapat meningkat. CITRALAND merupakan developer dengan segmentasi menengah keatas yang mengusung tema kota mandiri. Anak perusahaan terbesar PT. Ciputra Surya. Tbk tersebut memasuki bisnis property Surabaya dengan menciptakan kawasan hunian berkonsep city for first class living dengan Singapura sebagai acuan pengembangan. Menyikapi persaingan bisnis property membuat reputasi menjadi faktor penting karena konsumen tidak hanya melihat kualitas produk namun juga reputasi developer- nya. Strategi marketing public relations merupakan strategi yang bertujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pemahaman dan hubungan baik antara perusahaan dan publiknya. Dengan memadukan antara public relations dan marketing maka akan tercipta citra positif secara keseluruhan tidak hanya produk atau jasa namun juga nama perusahaan. Penelitian mengenai Strategi marketing public relations CITRALAND dalam membangun reputasi pada publik konsumen dilatarbelakangi oleh keberadaan CITRALAND yang berhasil memperoleh berbagai penghargaan sebagai developer yang memiliki reputasi positif, salah satunya adalah Best Corporate Image di ajang The 7th Indonesia’s Most Admired Companies (IMAC) Award 2007. Keberhasilan itu diawali dari keberanian mencetuskan konsep baru kota mandiri didukung dengan totalitas merealisasi komitmen. Dengan kata kunci public relations, marketing public relations, consumer relations, dan reputasi, penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi marketing public relations CITRALAND Surabaya dalam membangun reputasi pada publik konsumen ini menggunakan tinjauan pustaka mengenai public relations, public relations sebagai sub system, marketing, identitas, citra dan reputasi, strategi marketing public relations, dan consumer relations. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data observasi partisipan dan indepth interview. Hasil dari penelitian ini CITRALAND menciptakan brand dengan melekatkan nama Ciputra, mengoptimalkan consumer relations, melakukan built in public relations, edukasi konsumen sistem reward, merancang program edukasi rutin dan berkesinambungan, menciptakan tren baru, dan bekerjasama dengan Surabaya Tourism Promotions Board.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 27/09 Kus r
Uncontrolled Keywords: MARKETING INFORMATION CONSUMER RELATIONS
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
RR. RANIAR PUSPA KUSRANTI, 070517912UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLiestianingsih D, Dra., MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 16 Jul 2009 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 01:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15187
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item