Fungsi Handphone di Kalangan Pembantu Rumah Tangga Wanita (Studi Deskriptif Tentang Penggunaan Handphone di Kalangan Pembantu Rumah Tangga Wanita)

NIZAR ZAKARYA, 070417403 (2010) Fungsi Handphone di Kalangan Pembantu Rumah Tangga Wanita (Studi Deskriptif Tentang Penggunaan Handphone di Kalangan Pembantu Rumah Tangga Wanita). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-zakaryaniz-18516-ant301-k.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-zakaryaniz-15237-ant3010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Handphone, sebagai salah satu produk teknologi komunikasi telah memunculkan suatu tren yang dapat dinikmati oleh semua masyarakat, baik yang berada pada tingkat ekonomi menengah ke atas maupun yang berada pada tingkat ekonomi menengah ke bawah, tidak terkecuali dengan pembantu rumah tangga wanita. Dalam perkembangannya, handphone yang fungsi dan makna awalnya sebagai sebuah alat komunikasi namun kini telah memunculkan sebuah pola hidup yang baru bagi para penggunanya, dengan berbagai macam jenis dan tipe dengan fitur MP3 Player, radio, kamera, akses internet, bluetooth, infrared, MMS, hingga video call yang terdapat di dalamnya. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan observasi dan wawancara untuk dapat mengetahui mengenai fungsi handphone di kalangan pembantu rumah tangga wanita. Skripsi ini bermaksud membahas tentang fungsi handphone di kalangan pembantu rumah tangga yang sebagian besar adalah wanita, baik ketika melakukan aktivitas pekerjaan maupun ketika di luar melakukan aktivitas pekerjaan mereka selaku pekerja rumah tangga. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa handphone sangat berfungsi dalam kehidupan sehari-hari para pembantu rumah tangga wanita, sehingga hal tersebut mempengaruhi pola hidup konsumtif dan gaya hidup mereka dengan kemampuan ekonomi yang mereka miliki. Selain itu, handphone yang mereka miliki selalu menemani mereka kemanapun, kapanpun dan dimanapun para pembantu rumah tangga wanita tersebut berada, baik ketika melakukan aktivitas pekerjaan maupun ketika di luar melakukan aktivitas pekerjaan mereka selaku pekerja rumah tangga. Maka dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa handphone selalu ‘menemani’ para pembantu rumah tangga wanita ketika menjalankan aktivitas pekerjaan, mulai dari membersihkan rumah, berbelanja, mencuci kendaraan bermotor milik majikan, hingga ketika di luar menjalankan aktivitas pekerjaan sebagai pekerja rumah tangga tidak pernah lepas dari handphone yang mereka miliki. Fitur MP3 Player atau ‘minimal’ radio harus dimiliki dalam setiap handphone yang dimiliki oleh para pembantu rumah tangga wanita tersebut. Mereka hanya menggunakan dan mengapresiasikan handphone yang dimilikinya dengan apa adanya, sesuai dengan kebutuhannya dan pengetahuannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 ANT 30 / 10 Zak f
Uncontrolled Keywords: HANDPHONE ; LABOUR
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
NIZAR ZAKARYA, 070417403UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTri Joko Sri Haryono, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 04 May 2011 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 01:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15194
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item