Gaya Hidup Pengguna Telepon Genggam (Studi Deskriptif tentang Alasan Masyarakat Surabaya Berganti-Ganti Handphone dengan Merk yang Sama)

Ajeng Novridha. F, 070116446 (2009) Gaya Hidup Pengguna Telepon Genggam (Studi Deskriptif tentang Alasan Masyarakat Surabaya Berganti-Ganti Handphone dengan Merk yang Sama). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-ajengnovri-18541-ant321-k.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-ajengnovri-15261-ant3210.pdf

Download (767kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian mengenai gaya hidup pengguna telepon genggam ini bertujuan untuk mengetahui tentang motivasi berganti-ganti handphone dengan merk yang sama pada masyarakat Surabaya dalam kajian kali ini peneliti fokus kepada pengguna handphone dengan merk Nokia dimana pemakai mengganti dengan model terbaru walaupun fasilitas yang digunakan tidak memperlihatkan perubahan yang signifikan pada produk tersebut, sementara pengguna sendiri tidak menggunakan fasilitas yang ada pada ponsel itu secara maksimal. Pemilihan informan dalam penelitian ini berdasar pada kriteria, yaitu pengguna handphone Nokia dengan tipe model terbaru keluaran 4 bulan terakhir dimana tipe tersebut termasuk handphone yang harganya mahal masuk dalam kategori kelas tinggi atau disebut high – N (high-Nokia), dan dalam kurun waktu 4 bln itu mereka mengganti handphone lebih dari 2 kali, mereka adalah orang yang dipilih karena mengetahui dan memberikan informasi tentang perilaku pengguna handphone nokia termasuk kebiasaan mereka dalam mengganti handphone. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa alasan seseorang untuk mengganti handphone berdasarkan gaya hidup yang mereka pilih. Adanya keinginan untuk diakui, atau kebutuhan akan pengakuan dari lingkungan sosial mereka juga merupakan faktor dominan yang memotivasi mereka dalam mengganti handphone. Sedangkan pada faktor social, seperti coba-coba dan hanya sekedar mengikuti kebiasaan teman-teman dalam komunitas mereka. Alasan lain yang membuat peneliti tertarik dan khususnya menjadi alasan informan laki-laki dalam berganti handphone adalah untuk dapat berkenalan dengan Sales Promotion Girl (SPG) counter handphone.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 ANT 32 / 10 Aje g
Uncontrolled Keywords: HANDPHONE
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
Ajeng Novridha. F, 070116446UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTri DjokoSri Haryono, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 05 May 2011 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 04:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15198
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item