PEMAKNAAN MEROKOK DI LINGKUNGAN MAHASISWI FISIP UNAIR

EFI LESTYORINI, 070610300 (2010) PEMAKNAAN MEROKOK DI LINGKUNGAN MAHASISWI FISIP UNAIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-lestyorini-18710-ant45-k.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-lestyorini-15468-ant4510.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini diawali dengan semakin banyak dijumpai aktivitas merokok yang dilakukan oleh kaum perempuan. Khususnya dalam hal ini sering terlihat pada mahasiswi melakukan aktivitas merokok di kantin, galery, dan lorong kampus. Masa muda merupakan masa rentan konflik atau masalah hidup. Semakin bertambahnya usia, semakin berkembang pula masalah-masalah kompleks yang harus diatasi dan saling terkait. Aktivitas merokok dilakukan sebagai bentuk ekspresi diri untuk pelampiasan emosi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana aktualisasi diri terhadap mahasiswi perokok di lingkungan Fisip Unair dari segi kesehatan, gaya hidup dan persepsi perda pelarangan merokok. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif yang dilakukan dengan pendekatan deskriptif, memahami dan mengamati informan. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan pengamatan dan wawancara dengan menggunakan pedoman wawancara, serta artikel di koran, website, blog, dan sumber-sumber lain yang berkaitan dengan masalah penelitian. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswi perokok aktif di lingkungan Fisip Unair dan mempunyai pengalaman dan pemahaman terhadap gaya hidup merokok. Mahasiswi perokok Fisip Unair, memaknai aktivitas merokoknya sebagai bentuk ungkapan perasaan, kebebasan, dan komunikasi. Latar belakang yang mempengaruhi mahasiswi melakukan aktivitas merokok terdiri dari faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal seperti teman pergaulan, dan orang tua, sedangkan pada faktor internal seperti kepribadian dan kebiasaan. Aktivitas merokok bagi mereka dijadikan sebagai bentuk aktualisasi diri terhadap lingkungan sosial. Bahaya yang diakibatkan dari rokok dan peraturan tentang pelarangan merokok yang ditetapkan ternyata tidak mempengaruhi niat diri mereka untuk tetap melakukan aktivitas merokok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 ANT 45 / 10 Les p
Uncontrolled Keywords: SMOKING
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
EFI LESTYORINI, 070610300UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorI Nyoman Naya Sujana, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 10 May 2011 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 05:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15211
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item