SOSIALISASI POLITIK ORGANISASI KEMAHASISWAAN EKSTRA KAMPUS PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS AIRLANGGA

REZA RAHMAD H, 070116522 (2009) SOSIALISASI POLITIK ORGANISASI KEMAHASISWAAN EKSTRA KAMPUS PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-rezarahmad-18981-fisp1-k.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-rezarahmad-15785-fisp10-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sosialisasi politik adalah sebuah proses pembelajaran oleh seseorang tentang nilai-nilai politik, baik secara implisit ataupun eksplisit. Meski sosialisasi politik bukanlah suatu yang bersifat konsentris, akan tetapi dalam hal ini ada sebuah garis perkembangan seseorang yang akan dilaluinya dalam memperoleh nilai-nilai politik. Situasi dan kondisi pergerakan mahasiswa yang sudah berbeda jika dibandingkan masa sebelumnya. Jika sebelum sampai era Reformasi, pergerakan yang terjadi lebih mengacu pada satu tujuan yaitu Rezim Orde Baru. Dari situ dapat terlihat tujuan yang riil dari sebuah pergerakan. Jika dibandingkan denga sekarang, maka tujuan sebuah pergerakan hanya mengacu pada kepentingan golongan tertentu, belum tentu menyangkut kepentingan rakyat banyak. Kondisi pergerakan mahasiswa saat ini mengalami penurunan yang drastis. Penurunan yang terjadi dikarenakan semakin berkurangnya secara kualitas aktivis mahasiswa yang ada di Indonesia pada umumnya, Jawa Timur pada khususnya dan yang lebih khusus lagi di Surabaya. Sejumlah aktivis mahasiswa di Surabaya yang mayoritas berada di Universitas Airlangga, jumlahnya juga semakin berkurang. Penurunan itu jika diteliti adalah proses sosialisasi politik yang kurang tepat pada sasaran. Sedangkan untuk mendapatkan kader yang berkualitas dibutuhkan proses sosialisasi yang berjalan secara seimbang, antara wacana yang dipaparkan dengan respon positif yang dihasilkan setelah pemaparan tersebut. Penelitian ini membahas bagaimana proses sosialisasi politik organisasi kemahasiswaan ekstra kampus di kampus FISIP Universitas Airlangga. Ketika proses tersebut sudah berjalan, diteliti juga bagaimana respon dari para mahasiswa FISIP Unair terhadap sosialisasi tersebut. Dengan mengacu pada responden dari Ormawa intra FISIP, Ormek yang ada di FISIP dan beberapa responden dari mahasiswa yang diambil secara acak. Berdasarkan data yang diperoleh dari semua responden, dapat diketahui bahwa masing-masing memiliki ciri khas tersendiri dalam melakukan proses sosialisasi politik terhadap para mahasiswa. Dengan proses yang masing-masing Ormek memiliki perbedaan tersebut, maka respon yang diberikan oleh para mahasiswa juga berbeda. Keberagaman respon itu merupakan gambaran dari sebuah pilihan Ormek bagi para mahasiswa FISIP Universitas Airlangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS P 10 / 10 Rez s
Uncontrolled Keywords: POLITICS; ORGANIZATION
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
REZA RAHMAD H, 070116522UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorWisnu Pamutanto, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 14 Jun 2011 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 05:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15216
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item