PEREMPUAN DALAM PEMILU LEGISLATIF 2009 ( Studi tentang aktivitas perempuan sebagai tim pemenangan dalam kampanye caleg di kota Surabaya )

MARIA IVA YANTI, 070610052 (2010) PEREMPUAN DALAM PEMILU LEGISLATIF 2009 ( Studi tentang aktivitas perempuan sebagai tim pemenangan dalam kampanye caleg di kota Surabaya ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-yantimaria-19015-fisp-k.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15235.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Partisipasi perempuan dalam bidang politik tidak hanya terlibat secara langsung dalam pemilihan untuk menjadi kader maupun anggota legislatif, saat ini banyak perempuan yang terlibat di dunia politik sebagai tim pemenangan atau juru kampanye (jurkam). Perempuan tidak hanya menjadi jurkam untuk caleg perempuan, melainkan laki-laki juga menggunakan jasa perempuan sebagai jurkam. Selain itu, partisipasi perempuan di ranah politik meskipun sebagai tim pemenangan memberikan kita kesadaran baru bahwa perempuan memiliki peluang dan kemampuan yang sama dengan laki-laki. Keberadaan mereka (perempuan) sebagai jurkam caleg telah menarik perhatian peneliti sehingga mengangkat tema ini menjadi sebuah karya ilmiah. Dalam proses kampanye caleg dibutuhkan strategi dari tim pemenangan, Strategi-strategi yang digunakan perempuan sebagai tim pemenangan hanya sebatas strategi yang di terapkan oleh parpol dan calegnya sendiri. Sebagian besar dari mereka tidak mengeksplor kemampuannya sendiri. Isu kesetaraan gender yang di kampanyekan oleh tim pemenangan dari caleg perempuan juga tidak banyak membantu, perlu pendekatan dan pengenalan yang lebih dalam kepada pemilih agar caleg yang yang di urung oleh tim pemenangan perempuan memperoleh suara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS P 33 / 10 Yan p
Uncontrolled Keywords: WOMEN IN POLITICS
Subjects: H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc > HS1-3371 Societies: secret, benevolent, etc. > HS1501-2460.7 Other societies. By classes > HS2301-2460.7 Political and "patriotic" societies
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
MARIA IVA YANTI, 070610052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDwi Windyastuti, Dr., Dra., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 20 Jun 2011 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 21:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15235
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item