Perilaku Memilih Pelajar SMA Kota Surabaya Dalam Pemilihan Legislatif 20

Gadhis Rizadilla Prietty, 070517553 (2010) Perilaku Memilih Pelajar SMA Kota Surabaya Dalam Pemilihan Legislatif 20. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-priettygad-19033-fisp-k.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-priettygad-15831-fisp-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini meneliti tentang perilaku memilih pelajar SMA di kota Surabaya yang bertepatan dengan Pemilihan Legislatif pada tahun 2009. Pemilih pelajar SMA adalah pemilih yang baru pertama kali menyalurkan hak pilihnya, dan ketika pemilihan Legislatif sedang berlangsung, pemilih palajar SMA ini duduk dibangku SMA. Pilihan politik pemilih pelajar SMA dapat berasal dari berbagai hal. Dalam skripsi ini digunakan teori voting behavior dengan tiga pendekatan, yaitu: pendekatan sosiologis, pendekatan psikologis dan pendekatan rasional. Dalam ketiga pendekatan diatas dapat menjelaskan perilaku memilih pelajar SMA. Ketika pemilih pelajar SMA memilih peserta politik tertentu atas dasar keterikatan dengan situasi tempat tinggal, jenis kelamin, keluarga, teman, isu/kebijakan bahkan agama, maka pemilih pelajar SMA ini dapat dikategorikan dalam pendekatan sosiologis. Identifikasi kelompok dan kuatnya tingkatan komunikasi juga dapat dianalisis dengan pendekatan sosiologis. Sedangkan pemilih pelajar SMA yang menaruh pilihan politiknya atas dasar proses sosialisasi yang tidak sebentar hingga membentuk sikap pada perilaku memilih maka dapat dianalisis dengan pendekatan psikologis. Pembentukan sikap ini dapat berasal dari lingkungan diluar rumah. Karena pada usia seperti ini, anak-anak mulai berinteraksi social dengan dunia diluar dunia keluarga. Sehingga proses sosialisasi politik dapat terjadi dengan mudah. Dan pemilih palajar SMA yang menjatuhkan pilihannya karena pertimbangan secara rasional, dapat dianalisis dengan pendekatan rasional. Pertimbangan rasional dapat berasal dari untung-rugi prinsip ekonomi dan mencari alternative kebijakan baru yang ditawarkan. Namun selain ketiga pendekatan diatas, pemilih pelajar SMA juga memperhatikan chemistry yang berada pada figure ketokohan partai politik tertentu, serta dis-orientation yang terjadi karena kurangnya informasi yang diperoleh hingga membentuk perilaku memilih yang asal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS P 37 / 10 Pri p
Uncontrolled Keywords: PARTY AFFILIATION; ELECTION
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3289-3367 Organs of government > K3290-3304 The people. Election law
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Gadhis Rizadilla Prietty, 070517553UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHaryadi, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 21 Jun 2011 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 01:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15239
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item