DAMPAK PERUBAHAN FUNGSI BULOG TERHADAP TATA NIAGA BERAS DI INDONESIA (Studi Tentang Tata Niaga Beras di Kabupaten Bojonegoro)

Delia Mirza Avelyne, 070417327 (2009) DAMPAK PERUBAHAN FUNGSI BULOG TERHADAP TATA NIAGA BERAS DI INDONESIA (Studi Tentang Tata Niaga Beras di Kabupaten Bojonegoro). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-avelynedel-19084-fisp02-k.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-avelynedel-15879-fisp02-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi menjabarkan secara deskriptif bagaimana tata niaga beras BULOG setelah status hukumnya berubah dari Lembaga Pemerintah Non Departemen menjadi Perum. Lokasi penelitian yang dipilih adalah Subdivre III Perum BULOG yang berada Kabupaten Bojonegoro. Kabupaten Bojonegoro dipiih sebagai lokasi penelitian dikarenakan Bojonegoro merupakan salah satu lumbung padi nasional. Subdivre III BULOG Bojonegoro meng-cover tiga wilayah, yaitu Tuban, Lamongan dan Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang menghasilkan data deskriptif yang bertujuan menggambarkan bagaimana dampak perubahan fungsi BULOG terhadap tata niaga beras di Indonesia. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terlihat adanya saling pengaruh dan hubungan antara fenomena politik dan ekonomi dalam proses tata niaga dengan kewenangan pemerintah dalam membuat kebijakan tentang proses tata niaga tersebut. Oleh karena itu dalam skripsi ini teori yang digunakan adalah teori ekonomi politik. Pada akhir kesimpulannya diketahui bahwa perubahan fungsi BULOG berdampak pada mata rantai tata niaga BULOG, yang awalnya menggunakan KUD sehingga dapat memberikan keuntungan bagi petani. Namun setelah berubah menjadi Perum, BULOG sama sekali tidak berinteraksi dengan petani, melainkan dengan Mitra Kerjanya yaitu penggilingan sebagai Usaha Kecil Menengah (UKM) yang sebenarnya adalah para pengusaha yang memiliki modal, sehingga nasib petani terabaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS P 02 / 10 Ave d
Uncontrolled Keywords: POLITIC ECONOMICS
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM831-901 Social change
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Delia Mirza Avelyne, 070417327UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 27 Jun 2011 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 06:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15241
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item