DINAMIKA DAN DOMINASI KEKUATAN BISNIS TIONGHOA DI KABUPATEN PAMEKASAN

LIZA PUSPITA DEWI, 070517913 (2009) DINAMIKA DAN DOMINASI KEKUATAN BISNIS TIONGHOA DI KABUPATEN PAMEKASAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-dewilizapu-19085-fisp03-k.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-dewilizapu-15880-fisp03-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skrispsi ini menjabarkan secara deskriptif bagaimana dinamika dan mekanisme dominasi kekuatan bisnis Tionghoa di Kabupaten Pamekasan. Pengusaha Tionghoa yang berada di kabupaten Pamekasan di kepulauan Madura, propinsi Jawa Timur adalah pengusaha yang secara kualitatif adalah pengusaha mempunyai kekuatan permodalan yang sangat berperan di Kabupaten Pamekasan. Dengan menggunakan kekuatan dan posisi mereka dalam mekanisme dominasi bisnis Tionghoa sehingga menjadi kekuatan ekonomi yang signifikan di Kabupaten Pamekasan. Hal tersebut tak lepas dengan usaha pengusaha pribumi dan pengusaha Tionghoa untuk menumbuhkembangkan perekonomian pulau Madura. Kabupaten Pamekasan adalah ibukota dari pulau Madura, menjadi sentra pemerintahan yang akhirnya berdampak pada perekonomian Madura. Dengan menggunakan menggunakan perspektif ekonomi, sosial dan politik pengusaha Tionghoa di Kabupaten Pamekasan dapat tetap mendominasi dan berkembang hingga menjadi kekuatan ekonomi yang signifikan di Kabupaten Pamekasan. Ironisnya, perjalanan mekanisme dominasi pengusaha Tionghoa di Kabupaten Pamekasan tidak berjalan mulus. Mereka selalu terkendala beberapa masalah, salah satunya adalah perda tata niaga tembakau. Perda Kabupaten Pamekasan No. 6 Tahun 2008 dirasa merugikan mereka karena terdapat pengaturan jual beli tembakau menurut ketentuan pemerintah daerah Kabupaten Pamekasan sehingga para pengusaha tidak dapat mengeksplor kreatifitas mereka dalam berbisnis tembakau. Skrispsi ini menggunakan teori modal untuk menjelaskan bagaimana kekuatan modal dapat menguasai perekonomian di suatu daerah. Teori pasar monopoli untuk menjelaskan bagaimana kekuatan modal dapat digunakan untuk memonopoli suatu bisnis dan bagaimana perda tata niaga dapat dimonopoli pengusaha di suatu daerah. Teori pemasaran untuk menjelaskan bagaimana jaringan pemasaran bisnis dapat menguasai pangsa pasar di suatu daerah. Teori implementasi kebijakan publik untuk menjelaskan sejauh mana perda tata niaga tembakau di dalam implementasinya dapat bermanfaat untuk tujuan yang dicapai. Skripsi ini menyimpulkan bahwa Bisnis Tionghoa menjadi kekuatan yang signifikan di Kabupaten Pamekasan. Pengusaha Tionghoa di Kabupaten Pamekasan kian berkembang menguasahi sentra perindustrian dan perdagangan. Dari segi kuantitas dari pengusaha Tionghoa tidak banyak di Kabupaten Pamekasan, tetapi jika ditinjau dari kualitas permodalan sangat berperan di Kabupaten Pamekasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS P 03 / 10 Dew d
Uncontrolled Keywords: BUSSINESS ; TIONGHOA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV3176-3199 Special classes. By race or ethnic group
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
LIZA PUSPITA DEWI, 070517913UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHaryadi, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 27 Jun 2011 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 01:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15242
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item