FAKTOR - FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PERILAKU NON - VOTING DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA ( Studi Eksploratif Tentang Budaya Politik Perilaku Non-Voting Pemilihan Kepala Desa Di Desa Waru, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo )

TAUFIK AKBAR, 070517805 (2009) FAKTOR - FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PERILAKU NON - VOTING DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA ( Studi Eksploratif Tentang Budaya Politik Perilaku Non-Voting Pemilihan Kepala Desa Di Desa Waru, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-akbartaufi-19091-fisp07-k.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-akbartaufi-15886-fisp07-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengenai perilaku Non-Voting dalam pemilihan kepala desa Waru, yang bertujuan untuk memberikan sebuah kajian penelitian mengenai perilaku Non-Voting dalam Pilkades Waru. Alasan dan faktor apa saja yang menyebabkan pemilih lebih memilih untuk tidakhadir dalam aktivitas politik pilkades, persepsi para pemilih non-voters dalam memandang jabatan kepala desa, serta bagaimana orientasi politik masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua langkah penentuan informan, pertama dengan pemetaan desa waru yang disesuaikan dengan jumlah dusun desa Waru, kedua menentukan informan dan mengidentifikasi sesuai dengan kriteria penelitian. Untuk pengumpulan data penelitian dilakukan dengan teknik wawancara (indepth interview) dengan menggunakan pedoman wawancara, yang selanjutnya data yang didapatkan akan diinterpretasikan menggunakan kerangka teori yang relevan dengan temuan data. Pembahasan penelitian yang komprehensif menjadi kekuatan dalam penelitian ini yang menghasilkan sesuatu yang menarik. Pertama, alasan perilaku non-voting antara lain Faktor Psiko-Politik (anomi dan alienasi), Rational Choice, “Jalan Tengah” dan Geografis “Jarak” dengan kecenderungan faktor psiko-politik yang mengedepan untuk alasan golput. Kedua, jabatan administratif dan jabatan politik merupakan persepsi pemilih non-voters dalam mempersepsikan jabatan kepala desa. Terakhir, orientasi politik pemilih non-voters dalam penelitian ini cenderung pada orientasi politik afeksi sedangkan untuk budaya politik pemilih non-voters ini lebih dikelompokkan pada budaya politik parokial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS P 07 / 10 Akb f
Uncontrolled Keywords: POLITICAL CULTURE
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
TAUFIK AKBAR, 070517805UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWisnu Pramutanto, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 27 Jun 2011 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 14:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15246
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item