Komunitas Sepeda Fixed Gear (Studi Interaksionisme Simbolik Tentang Makna Sepeda Fixed Gear dalam Komunitas Fixed Gear di Surabaya)

Slamet Martono, 070610342 (2012) Komunitas Sepeda Fixed Gear (Studi Interaksionisme Simbolik Tentang Makna Sepeda Fixed Gear dalam Komunitas Fixed Gear di Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-martonosla-21254-6.abst-k.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-martonosla-21254-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi atas fenomena sepeda berwarna warni dan kalau dilihat secara seksama, kesamaan mereka terletak pada gear dan rem, satu gear dan tanpa menggunakan rem, sepeda jenis ini begitu populer sekarang dengan nama fixed gear yang cara pengoperasiannya berbeda dari sepeda pada umumnya. Sepeda bukan lagi sebagai alat transportasi saja. Dengan sepeda fixed gear bisa menunjukkan eksistensi atau keberadaan suatu komunitas dan dengan sepeda fixed gear terdapat trick-trick keren atau bisa disebut jurus. Sepeda fixed gear tidak lagi hanya untuk dikayuh dalam hal ini, sepeda juga bisa sebagai alat permainan atau berkreasi. Merujuk pada latar belakang tersebut maka penelitian ini menghasilkan dua fokus penelitian yang akan dilakukan, yang pertama adalah, apa makna sebuah sepeda fixed gear bagi para penggunanya dalam komunitasnya dan bagaimana cara interaksi sosial para pengguna fixed gear di dalam komunitasnya Peneliti berharap dari penelitian ini memperoleh manfaat dan tujuan yang bisa digunakan dan bisa diaplikasikan pada kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini juga diharapkan dapat mengetahui makna yang ingin disampaikan oleh goweser sekaligus untuk menunjukkan bahwa komunitas sepeda fixed gear juga merupakan salah satu kelompok yang berkembang di dalam masyarakat saat ini. Teori yang digunakan adalah teori interaksionisme simbolik Herbert Blummer. Pada penelitian ini menggunakan paradigma intepretatif dengan tipe penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Sementara untuk menggali data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan bantuan data sekunder seperti internet, dan jurnal-jurnal media cetak. Dalam penelitian ini yang menjadi sasaran penelitian adalah individu-individu yang memiliki karakteristik yang sesuai dengan isu dan judul penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan makna sepeda fixed gear memiliki variasi dari tingkatan pemakai, bagi dirinya yang dianggap melakukan gaya-gayaan atau ajang pamer dilakukan oleh para goweser pemula. Interaksi dalam komunitas pun turut andil untuk memberi wawasan tentang fixed gear ke para goweser.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.S.53/12 Mar k
Uncontrolled Keywords: INTERAKSIONISME SIMBOLIK
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
Slamet Martono, 070610342UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSutinah, Dra. , MSUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 09 Nov 2012 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 09:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15266
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item