PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DI PESANTREN (Studi Deskriptif Interaksi Santri Pesantren Luhur Al-Husna Surabaya Dengan Warga Non Muslim dan Kelompok Keagamaan Lainnya)

M. HASAN SAIFUR RIJAL, 070810622 (2012) PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DI PESANTREN (Studi Deskriptif Interaksi Santri Pesantren Luhur Al-Husna Surabaya Dengan Warga Non Muslim dan Kelompok Keagamaan Lainnya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-rijalmhasa-21236-6.abst-k.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-rijalmhasa-21236-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap realitas konflik agama yang melibatkan sejumlah Pesantren di tanah air, dalam perkembangan dalam pendidikan pesantren mendapatkan sorotan dari masyarakat dunia, saat ini Pesantren sering mendapat stigma Pesantren adalah sarang teroris dari berbagai kalangan terutama bagi kalangan orang-orang Barat, oleh karena itu pendidikan yang berbasis multikultural sangat diperlukan. Studi ini mengkaji dan fokus tentang Bagaimana konsep multikulturalisme dikonsepsikan dan diimplementasikan oleh pesantren Luhur Alhusna terhadap warga non muslim, muslim yang berbeda aliran, dan kelompok-kelompok keagamaan lainnya. Teori yang digunakan untuk menganalisis fenomena ini adalah teori multikulturalisme dikuatkan lagi dengan teori modal sosial (social capital) yang dipopulerkan oleh Fukuyama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dan Penentuan informan menggunakan cara purposive dengan kriteria tertentu, yakni memilih para penghuni pesantren yaitu Kiai, Ustadz, dan Santri dan pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam (indepth interview) dan mencari data-data terkait pesantren Al-Husna. Setelah melakukan tahapan penelitian, maka peneliti menghasilkan beberapa temuan-temuan pokok. Pesantren memahami konsep multikulturalise sebagai pandangan hidup dalam masyarakat yang majmuk, serta keterlibatan aktif terhadap kenyataan kemajemukan tersebut. Melalui medium dialog Agama dengan sendirinya akan memupuk kesepahaman,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.S.35/12 Rij p
Uncontrolled Keywords: MULTICULTURISM
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
M. HASAN SAIFUR RIJAL, 070810622UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMusta‟in Mashud, Prof. Dr. , M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 07 Nov 2012 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 04:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15276
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item