PERILAKU REMAJA SMA TA�MIRIYAH SURABAYA DALAM MENGKONSUMSI PRODUK KECANTIKAN

AISYAH NUR ZAYATI, 070710333 (2012) PERILAKU REMAJA SMA TA�MIRIYAH SURABAYA DALAM MENGKONSUMSI PRODUK KECANTIKAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-zayatiaisy-21333-6.abst-k.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-zayatiaisy-21333-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masa remaja merupakan masa yang penuh dengan keinginan-keinginan dan mengalami perubahan yang dramatis dalam kesadaran diri mereka. Remaja umumnya masih rentan terhadap pendapat orang lain sehingga menyebabkan mereka sangat memperhatikan diri mereka dan citra yang direfleksikan (self image). Perubahan yang dramatis mereka itu pun disebabkan pula oleh kehadiran berbagai media, salah satunya adalah media televisi yang memiliki pengaruh yang kuat. Visualisasi dari televisi secara langsung akan memberi pengaruh baik secara motivasional maupun emosional. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana iklan-iklan yang ada di televisi memberikan pengaruhnya terhadap realitas sosial di dalam kehidupan nyata bagi masyarakat terutama pada anak remaja dan bagaimana perbandingan perilaku konsumtif yang dilakukan oleh remaja putri dengan remaja putra serta bagaimana perilaku remaja dalam menkonsumsi produk kecantikan. Skripsi ini dibuat dengan tujuan untuk mendeskripsikan iklan-iklan yang ada di televisi memberikan pengaruhnya terhadap perilaku remaja SMA Ta’miriyah dalam mengkonsumsi produk yang di iklankan. Manfaat penelitian ini adalah dapat mengerti makna yang terkandung dalam tayangan iklan dan kekuatan iklan berbagai macam produk kecantikan dan produk perawatan wajah lainnya bagi masyarakat umum Penelitian ini merupakan tipe penelitian kualitatif dengan studi deskriptif dan teknik purposive yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu permasalahan yang bermula dari fenomena di lapangan dan dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan metode observasi. Kemudian dibantu dengan menggunakan metode kuantitatif, dimana menggunakan lembar kuesioner yang dibagikan kepada responden. Responden yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 50 orang terdiri dari 25 responden siswa putra dan 25 responden siswa putri. Sedangkan informan yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 7 orang yang terdiri dari 2 informan siswa putra dan 5 informan siswa putri. Berdasarkan temuan data dikatakan bahwa remaja putri SMA Ta’miriyah dalam mengkonsumsi produk kecantikan membutuhkan uang sekitar 30-50% berasal dari uang saku bulanan mereka, dan merk yang sering dikonsumsi adalah Pond’s, Clean n Clear, dan Olay. Sedangkan untuk remaja putra tidak terlalu tertarik dengan produk-produk kecantikan dan perawatan wajah. Sebanyak 13 responden, remaja putra lebih suka merubah penampilan mereka dalam hal pakaian dan sebanyak 8 responden dalam bidang elektronik, Pembelian yang dilakukan oleh remaja umumnya tersebut didasarkan kepada perilaku konsumtif yang berasal dari unsur emosi dan keinginan semata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2FIS.ANT.16/12 Zay p
Uncontrolled Keywords: BEHAVIOUR, TENAGE
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
AISYAH NUR ZAYATI, 070710333UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTri Joko Sri Haryono, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 19 Nov 2012 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 03:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15292
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item