PERILAKU PEMANFAATAN INFORMASI OLEH PENYANDANG TUNARUNGU (Studi Aksi tentang Perilaku Pemanfaatan Informasi oleh Siswa SMP dan SMA Penyandang Tunarungu di SLB-B Dharma Wanita Sidoarjo)

DATURISSA MAHARDHINI, 070810016 (2013) PERILAKU PEMANFAATAN INFORMASI OLEH PENYANDANG TUNARUNGU (Studi Aksi tentang Perilaku Pemanfaatan Informasi oleh Siswa SMP dan SMA Penyandang Tunarungu di SLB-B Dharma Wanita Sidoarjo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-mahardhini-25460-5.abst-k.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat sekarang ini berdampak pada tidak adanya batasan antara gerak ruang dan waktu, sehingga masyarakat selalu mendapatkan kebutuhan informasi secara cepat dan akurat. Kebutuhan dan pencarian informasi merupakan faktor pendorong adanya pemanfaatan informasi yang dilakukan oleh masyarakat agar mereka memiliki dan memberikan ide-ide, inovasi dan mengembangkan keahlian yang sangat berharga dalam kehidupan sehari-hari. Tidak terkecuali masyarakat yang memiliki kekurangan pada salah satu inderanya yaitu penyandang tunarungu. Dimana pemanfaatan informasi yang dilakukan oleh penyandang tunarungu khususnya yang masih berstatus sebagai siswa akan penting untuk menunjang kegiatan akademik di sekolah. Fenomena tersebut yang membuat ketertarikan tersendiri untuk mengetahui perilaku Pemanfaatan Informasi yang dilakukan oleh Siswa SMP dan SMA Penyandang Tunarungu di SLB-B Dharma Wanita Sidoarjo pada khususnya. Penelitian ini dikaji berdasarkan tahapan yang meliputi pencerahan informasi, pemahaman masalah informasi, instrument informasi, faktual informasi, konfirmasi, proyektif, motivasi, pribadi dan politik/kebijaksanaan diri terhadap informasi.penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perilaku pemanfaatan informasi oleh siswa SMP dan SMA penyandang tunarungu dalam menunjang peran mereka sebagai siswa untuk kegiatan akademik di sekolah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melewati seluruh kegiatan pemanfaatan informasi dengan tahapan dimulai dari pencerahan informasi hingga politik/kebijaksanaan diri terhadap informasi. Pemanfaatan informasi yang dilakukan oleh siswa penyandang tunarungu kebanyakan digunakan untuk hal positif seperti memiliki konsep dan perencanaannya untuk digunakan pada masa yang akan datang sebagai hal utama yang mendorong siswa dapat melakukan berbagai aktivitas seperti yang dilakukan oleh manusia normal dengan indera yang lengkap. Pemanfaatan informasi juga sangat berguna bagi penyandang tunarungu sebagai media untuk memudahkan sharing dengan teman, keluarga dan orang disekitar mereka karena memiliki banyak informasi yang dijadikan bahan pembicaraan. Hal ini menjadikan siswa penyandang tunarungu sebagai pribadi yang mandiri, kreatif, inovatif dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan sosial dan sekitarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.IIP.26/13 Mah p
Uncontrolled Keywords: information use; information technology
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC4001-4806.5 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth
T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
DATURISSA MAHARDHINI, 070810016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFitri Mutia, A.Ks, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 10 Jul 2013 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 05:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15347
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item