PERILAKU PENGGUNAAN INTERNET DI KALANGAN MAHASISWA (Studi deskriptif tentang perbandingan perilaku penggunaan internet dikalangan mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (FISIP UNAIR) dengan mahasiwa Perguruan Tinggi Swasta (FISIP UPN) untuk memenuhi kebutuhan

Iik Novianto, 070810762 (2013) PERILAKU PENGGUNAAN INTERNET DI KALANGAN MAHASISWA (Studi deskriptif tentang perbandingan perilaku penggunaan internet dikalangan mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (FISIP UNAIR) dengan mahasiwa Perguruan Tinggi Swasta (FISIP UPN) untuk memenuhi kebutuhan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-noviantoii-25464-6.abst-k.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT10.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini internet menjadi sumber informasi yang paling banyak digunakan orang untuk mencari informasi yang dibutuhkan, tak terkecuali mahasiswa. Penggunaan internet untuk memenuhi kebutuhan sebagai sumber informasi dikarenakan mudah, cepat, tepat, murah dan akurat. Melalui internet mahasiswa dapat mengakses berbagai informasi dan ilmu pengetahuan sesuai dengan kebutuhan yang relevan sesuai dengan kepentingan akademik mereka. internet menjadi pilihan alternatif pencarian informasi bagi mahasiswa selain perpustakaan. Internet mempunyai banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh sumber informasi yang bersifat konvensional, informasi yang dapat diakses dari berbagai tempat tanpa dibatasi oleh jarak, ruang, dan waktu merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh internet. Sehingga memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan akademis mereka melalui akses informasi keberbagai sumber informasi yang ada di internet. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe komparatif. Tipe komparatif dipilih oleh peneliti karena peneliti ingin membandingkan bagaimana penggunaan internet oleh mahasiswa Fisip Unair dan Fisip UPN untuk memenuhi kebutuhan informasi yang diinginkan, tanpa melakukan pengujian hipotesis. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dan wawancara dengan beberapa responden yang telah diseleksi oleh peneliti untuk memperoleh jawaban sejelas mungkin dan fakta fakta yang mendukung penelitian ini. Hasil penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa Fisip Unair menggunakan internet dengan motif cognitive dan motif social integrative dengan pola penggunaan internet masuk kedalam kategori heavy user. Untuk efek yang dirasakan akan penggunaan internet adalah sebagai penunjang media untuk berkomunikasi dan mampu meningkatkan prestasi akademik. Sedangkan pada mahasiswa Fisip UPN motif yang mendasari penggunaan internet ialah motif cognitive dengan pola penggunaan masuk kedalam kategori heavy user dimana termasuk addict. Untuk efek yang dirasakan adalah mampu menunjang media untuk berkomunikasi dan meningkatkan efektivitas dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.IIP.29/13 Nov p
Uncontrolled Keywords: Internet Usage Patterns; Information Needs
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Iik Novianto, 070810762UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDessy Harisanty, S. Sos., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 10 Jul 2013 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 06:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15350
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item