PENURUNAN KARAKTERISTIK FISIK MARGA-MARGA ARAB DI KELURAHAN AMPEL, SURABAYA

Safira Bobsaid, 071017055 (2014) PENURUNAN KARAKTERISTIK FISIK MARGA-MARGA ARAB DI KELURAHAN AMPEL, SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-bobsaidsaf-29898-5.abst-k.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FULLTEXT10.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Marga-marga Arab tidak berasal dari Saudi Arabia saja, tetapi mayoritas berasal dari Hadramaut. Marga-marga tersebut mengelompok menjadi dua, yaitu kelompok marga Ba’alwi dan kelompok marga Syech. Dua kelompok marga tersebut mempunyai perbedaan dalam pola perjodohannya. Kelompok marga Ba’alwi mengharuskan keturunannya menikah dengan orang yang berasal dari kelompok marga Ba’alwi juga, sedangkan pada kelompok Syech mengharuskan keturunannya menikah dengan orang beretnis Arab, baik itu dari kelompok marga Syech maupun Ba’alwi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan dan persamaan karakteristik fisik di antara kelompok marga Ba’alwi dan kelompok marga Syech, serta pola perjodohan etnis Arab di kelurahan Ampel, baik itu pada kelompok marga Ba’alwi maupun Syech. Sampel penelitian ini berasal dari populasi marga Arab yang ada di kelurahan Ampel. Sampel penelitian berjumlah100 orang yang terdiri dari 50 orang dari kelompok marga Ba’alwi dan 50 orang dari kelompok marga Syech. Penentuan jumlah sampel berdasarkan penghitungan dengan menggunakan rumus Slovin, sedangkan untuk penentuan responden dengan teknik simple random sampling. Pengamatan karakteristik fisik pada dua kelompok marga menggunakan teknik somatoskopi. Somatoskopi digunakan untuk mendeskripsikan karakteristik fisik yang dipunyai oleh sampel dari kelompok marga Ba’alwi dan Syech, serta melihat variasinya. Analisis terhadap data dilakukan dengan menggunakan Chi-Square untuk menguji adanya perbedaan antara kelompok marga Ba’alwi dan Syech. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: tingkat endogami pada kelompok marga Ba’alwi lebih tinggi dari kelompok marga Syech, sehingga menyebabkan variasi karakteristik fisik pada kelompok marga Ba’alwi lebih sedikit dibanding kelompok marga Syech, terdapat perbedaan dan persamaan karakteristik fisik pada kelompok marga Ba’alwi dan Syech. Perbedaannya meliputi derajat warna kulit, bentuk rambut, bentuk celah mata, dan hidung dari sisi depan, samping, dan bawah, sedangkan persamaan yang terlihat adalah letak celah mata yang sama-sama horizontal. Pada kelompok marga Ba’alwi, karakteristik fisik pada marga yang satu tidak jauh berbeda dengan marga yang lain, sehingga rentang dari skala pengukurannya kecil,sedangkan pada kelompok marga Syech berbeda, karakteristik fisik tiap marga banyak yang berbeda, sehingga rentang skala pengukurannya besar. Perbedaan karakteristik fisik di antara kelompok marga Ba’alwi dan Syech mempunyai taraf siginifikan yang bermakna, sehingga diambil simpulan bahwa kelompok marga Ba’alwi berbeda dengan kelompok marga Syech dalam penurunan karakteristik fisiknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.ANT.03/14 Bob p
Uncontrolled Keywords: SOMATOSKOPI
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > Including race as a social group and race relations in general
Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Safira Bobsaid, 071017055UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMyrtati Dyah Artaria, Dra., MA, P.hDUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 18 Feb 2014 12:00
Last Modified: 19 Sep 2016 09:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15360
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item