PEMANFAATAN MEDIA INTERNET BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH SURABAYA (studi deskriptif terhadap santri pondok pesantren hidayatullah)

SEPTIYAN ARDIYANSYAH, 070810750 (2014) PEMANFAATAN MEDIA INTERNET BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH SURABAYA (studi deskriptif terhadap santri pondok pesantren hidayatullah). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-ardiyansya-29900-4.abst-k.pdf

Download (49kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

iera modern saat ini berbagai macam sumber informasi yang tersebar amatlah mudah untuk dikases terutama dengan adanya internet sebagai wadah penyedia berbagai macam informasi demi memenuhi informasi yang dibutuhkan, hal ini pun berlaku bagi para santri pondok pesantren. Internet dengan mudah dapat diakses, juga dirasa lebih cepat, serta informasi yang tersedia lebih update, dan keakuratan informasi yang disediakan internet cukup tepat. Dengan munculnya internet sebagai tempat untuk mencari informasi, para santri dapat dengan mudah mencari serta mengakses informasi yang dibutuhkan sesuai dengan yang dicari berkaitan kepentingan akademik. Karena memiliki kelebihan dari sumber informasi lainnya, maka internet menjadi alternatif dalam mencari informasi para santri selain buku,Koran,dll. Dengan kelebihan yang dimiliki internet yaitu dapat diakses dimanapun, kapanpun, dan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu sehingga menjadi pilihan bagi para santri untuk mendapatkan informasi yang sifatnya akademis dengan mengakses internet Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui bagaimana kebutuhan informasi dan perilaku pencarian informasi para santri yang sedang belajar di pondok pesantren hidayatullah dengan menggunakan internet. Tanpa melakukan pengujian hipotesis. Penelitian dilakukan dengan wawancara dan kuesioner untuk mendapatkan data variabel-variabel karakteristik, penggunaan internet, peran internet, manfaat dan kelebihan internet dalam upaya memenuhi kebutuhan informasi. Dan responden yang minta bantuan untuk mengisi kuisoner sebanyak 90 orang santri. Dengan analisis kualitatif diketahui bahwa sebagian besar santri sudah terbiasa menggunakan internet untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Selain itu, para santri juga memanfaatkan internet untuk berdakwah dan membuat karya ilmiah yang bermanfaat bagi orang lain, namun masih ada santri yang menggunakan internet untuk mencari informasi yang berbau maksiat seperti situs-situs porno yang dilarang oleh syariah agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.IIP.06/14 Ard p
Uncontrolled Keywords: INTERNET
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
SEPTIYAN ARDIYANSYAH, 070810750UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHelmy Prasetyo Yuwinanto, S.SosUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 18 Feb 2014 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 08:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15362
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item