Literasi Informasi Lulusan Program EAP (English For Academic Purpose)(Studi Deskriptif Literasi Informasi Lulusan Program EAP di IALF Bali)

Nurul Widiyasari, 070916080 (2014) Literasi Informasi Lulusan Program EAP (English For Academic Purpose)(Studi Deskriptif Literasi Informasi Lulusan Program EAP di IALF Bali). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-widiyasari-29901-4.abst-k.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran literasi informasi lulusan program EAP (English of Academic Purposes) di IALF Bali. Populasi penelitian ini 158 orang, metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif deskriptif, teknik pengambilan sampling menggunakan teknik simple random sampling dengan sampel sistematis. Sampel yang terpilih sebanyak 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juli 2013. Untuk melihat literasi informasi lulusan program EAP peneliti menggunakan model dari The Big6, dan di The Big6 terdapat 6 tahapan yaitu definisi tugas, strategi penemuan informasi, lokasi dan akses, penggunaan informasi, sintesis informasi dan evaluasi hasil. Hasil analisi menunjukkan bahwa mahasiswa lulusan program EAP sudah dapat membiasakan diri untuk merumuskan masalah terbukti 96,7% responden selalu melakukan kegiatan tersebut. Mahasiswa sudah dapat menggunakan berbagai sumber informasi yang tersedia saat ini terbukti sekitar 53,3% responden menggunakan sumber informasi primer. Mahasiswa sudah mengetahui tempat untuk melakukan penelusuran informasi, dan untuk melakukan kegiatan tersebut sekitar 53,3% memilih menggunakan elektronik database seperti PROQUEST, EBSCO, ACE, dll. Mahasiswa sudah dapat menggunakan internet untuk mendapatkan informasi sekitar 68,4% mahasiswa menggunakan internet untuk mencari informasi sepeutar perkuliahan agar dapat menyelesaikan tugasnya. Mahasiswa dapat menerapkan kegiatan sisntesis informasi untuk menyelesaikan tugasnya sekitar 46,7% mahasiswa mengelola informasi yang didapat untuk digunakannya. Dan mahasiswa sudah dapat mempraktekan kegiatan evaluasi proses dan hasil dalam mengerjakan tugasnya sekitar 43,3% mahasiswa membuat catatn penting terhadap informasi yang sudah didapat dan akan digunakan untuk menyelesaikan tugas ataupun yang lainnya. Dapat disimpulkan bahwa lulusan program EAP di IALF Bali sudah dapat menerapkan tahapan-tahapan dari the big6 seperti definisi tugas, strategi penemuan informasi, lokasi dan akses, penggunaan informasi, sintesis informasi dan evaluasi hasil dalam mengerjakan tugas ataupun menyelesaikan masalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.IIP.07/14 Wid l
Uncontrolled Keywords: INFORMATIONS LITERACY
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q350-390 Information Theory
Z Bibliography. Library Science. Information Resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Nurul Widiyasari, 070916080UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEndang Fitriyah M, S.Sos., M. HumUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 18 Feb 2014 12:00
Last Modified: 03 Oct 2016 02:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15363
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item