Perbedaan Motivasi Kerja Antara Tenaga Pustakawan Dengan Tenaga Administrasi (Studi Komparatif Tentang Perbedaan Motivasi Kerja Antara Tenaga Pustakawan Dengan Tenaga Administrasi di Perpustakaan Universitas Airlangga)

DIMAS AGUNG TRISLIATANTO (2015) Perbedaan Motivasi Kerja Antara Tenaga Pustakawan Dengan Tenaga Administrasi (Studi Komparatif Tentang Perbedaan Motivasi Kerja Antara Tenaga Pustakawan Dengan Tenaga Administrasi di Perpustakaan Universitas Airlangga). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (335kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB 1)
3. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (469kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB 2 GAMBARAN UMUM.pdf
Restricted to Registered users only until 29 May 2023.

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
5. BAB 3 TEMUAN DAN PENYAJIAN DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 29 May 2023.

Download (966kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
6. BAB 4 INTERPRETASI DAN DISKUSI TEORITIK.pdf
Restricted to Registered users only until 29 May 2023.

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
7. BAB V P E N U T U P.pdf
Restricted to Registered users only until 29 May 2023.

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Motivasi kerja merupakan modal utama yang perlu mendapat perhatian secara konsisten dari pimpinan organisasi terkait. Adanya motivasi kerja sebagai aspek pendorong perilaku pegawai merupakan variabel vital dalam manajemen sumber daya manusia agar pegawai dapat merespon tugas dan tanggungjawab terhadap pekerjaannya. Secara hirarki, sumber daya manusia yang berada di Perpustakaan Universitas Airlangga sebagai salah satu instansi penyedia jasa dan layanan informasi bagi mahasiswa Universitas Airlangga dibagi dua yaitu operasional (tenaga administrasi)dan fungsional (pustakawan). Pegawai yang mempunyai motivasi kerja tinggi akan lebih fokus dalam menjalankan tugas pekerjaan dengan sebaik mungkin se motivasi kerja berkaitan dengan bagaimana individu tersebut merespon dan menyikapi tugas pekerjaan yang diberikan. Menurut Hezberg dalam Stoner dan Freeman (2000) menjelaskan bahwa yang tergolong motivasi secara eksternal adalah : 1) kebijakan dan administrasi perusahaan; 2) penyeliaan atau pengawasan; 3) gaji atau upah, dan keuntungan lainnya termasuk insentif; 4) hubungan interpersonal; 5) status; 6) keamanan kerja; 7) kondisi kerja.Sedangkan yang tergolong motivasi secara internal adalah : 1) prestasi; 2) pengakuan; 3)tanggungjawab; 4) pertumbuhan atau kemungkinan untuk tumbuh; 5) pekerjaan itu sendiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatif komparatif dan metode yang digunakan adalah survey dengan jumlah responden 74 orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan motivasi kerja antara pustakawan dengan tenaga administrasi di Perpustakaan Universitas Airlangga. Metode analisis yang digunakan adalah uji Independent Sample T-Test dengan menggunakan software SPSS 22 For Windows. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara pustakawan dengan tenaga administrasi pada indikator : 1) kebijakan dan administrasi perusahaan;2) penyeliaan atau pengawasan; 3) status; 4) keamanan kerja; 5) prestasi; 6) pengakuan ; 7) pekerjaan itu sendiri, dengan nilai signifikansi (α) < 0,05 pada setiap indikator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.IIP.10/15 Tri p
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Pustakawan, Tenaga Administrasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
DIMAS AGUNG TRISLIATANTONIM070916061
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKoko Srimulyo, Drs., M.SiNIDN0028026604
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 18 Feb 2015 12:00
Last Modified: 01 Jun 2020 02:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15374
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item