DIMENSI KUALITAS LAYANAN DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (Studi Deskriptif Tentang Tanggapan Pengguna Perpustakaan Terhadap Dimensi Kualitas Layanan di Perpustakaan Universitas Airlangga)

DINI YUNIARTA, 071116010 (2015) DIMENSI KUALITAS LAYANAN DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (Studi Deskriptif Tentang Tanggapan Pengguna Perpustakaan Terhadap Dimensi Kualitas Layanan di Perpustakaan Universitas Airlangga). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-yuniartadi-35783-6.abst-k.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang tanggapan pengguna perpustakaan terhadap dimensi kualitas layanan jasa informasi di perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, serta tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif. Dengan menggunakan metode ini, peneliti bermaksud untuk mengetahui dan menggambarkan tanggapan tentang dimensi kualitas yang disediakan oleh pihak perpustakaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sample yang didasarkan tujuan tertentu dan beberapa pertimbangan. Metode pengukuran dimensi kualitas layanan perpustakaan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu LibQUAL+. LibQUAL+ adalah sebuah survei pasar untuk riset perpustakaan dalam metode dimensi kualitas layanan perpustakaan yang dikembangkan oleh Colleen Cook, Bruce Thompson, Fred Health, dan Russel Thompson pada tahun 2001. Berkaitan dengan hal tersebut, peneliti ingin meneliti bagaimana dimensi kualitas layanan yang terdapat pada perpustakaan Universitas Airlangga. Dengan menggunakan dimensi dan aspek-aspek kualitas layanan Cook et al (2001), akan diketahui bagaimana tanggapan pengguna terhadap kualitas layanan yang diberikan penyedia jasa yakni perpustakaan Universitas Airlangga. Sesuai dengan tujuan perpustakaan Universitas Airlangga untuk mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi. Gambaran mengenai tanggapan pengguna perpustakaan terhadap kualitas layanan yang disediakan oleh perpustakaan Universitas Airlangga, memiliki hasil yang berbeda. (1) Dimensi affect of services yang meliputi empati, daya tanggap dan jaminan, dinilai masih perlu dilakukan peningkatan kualitas dari personal penyedia layanan. (2) Dimensi reliability mendapatkan nilai yang baik dalam hal pengelolaan informasi yang dapat diandalkan. (3) Dimensi ubiquity and ease access memiliki persepsi positif dari pengguna dimana bentuk, waktu, dan keberadaannya mudah diakses oleh pengguna. (4) Dimensi comprehensive collection dimana pengguna menilai perpustakaan belum mampu menyediakan koleksi secara lengkap dan up to date. (5) Dimensi self-reliance dinilai pengguna sudah baik dengan adanya instruksi untuk mengakses layanan di perpustakaan. (6) Dimensi library as place yang meliputi perpustakaan digunakan sebagai tempat beraktivitas yang nyaman, simbol perpustakaan yang memiliki citra bagus terhadap pengembangan pendidikan, serta kondisi fisik gedung dan ruangan yang nyaman diakses.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.IIP.11/15 Yun d
Uncontrolled Keywords: quality of service, the library, the user, libqual+
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsEmail
DINI YUNIARTA, 071116010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDessy Harisanty, S. Sos., M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 18 Feb 2015 12:00
Last Modified: 25 Sep 2016 21:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15375
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item