Analisis Penerimaan Sistem E-Filling (Studi Eksplanatif Penerimaan Sistem E-Filling di Lingkungan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Kediri)

AYU TRI HANA, 0708107760 (2012) Analisis Penerimaan Sistem E-Filling (Studi Eksplanatif Penerimaan Sistem E-Filling di Lingkungan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Kediri). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-hanaayutri-20896-9.abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-hanaayutri-20896-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

E-filling merupakan sistem informasi untuk penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) secara elektronik ke Direktorat Jendral Pajak melalui sebuah Application Service Provider (ASP) yang terhubung dengan internet secara online dan realtime. Penerapan sistem e-filling dapat memudahkan Wajib Pajak dalam melaporkan SPT dimana dan kapan saja. Dengan menggunkan teori Technology Acceptance Model (TAM) yang dari DeLone and Mclean (1992), penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana pengaruh 6 (enam) variabel pembangun TAM dalam penerimaan sistem efilling di lingkungan KPP Pratama Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe eksplanatif, metode penelitian survey. Populasi yang diambil terdiri dari Wajib Pajak Badan dari KPP Pratama Kota Kediri. Pengambilan sampel menggunakan systematic random sampling,karena jumlah populasinya yang besar dan kerangka sampel yang jelas. Sebanyak 100 responden diteliti melalui kuesioner dengan kriteria menggunakan e-filling untuk pelaporan pajaknya. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM), diketahui bahwa analisis penerimaan sistem informasi dengan menggunakan model TAM pada kajian e-filling di KPP Pratama Kota Kediri bahwa ada 2 (dua) hipotesis yang di tolak dari 8 (delapan) hipotesis. Hipotesis 1 menunjukkan bahwa kualitas sistem secarasignifikan berpengaruh positif terhadap penggunaan sistem. Hipotesis 2 menunjukkan bahwa kualitas informasi secara signifikan tidak berpengaruh positifterhadap penggunaan sistem. Hipotesis 3 menunjukkan bahwa kualitas sistemsecara signifikan berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna. Hipotesis 4 menunjukkan bahwa kualitas informasi secara signifikan berpengaruhpositif terhadap kepuasan pengguna. Hipotesis 5 menunjukkan bahwa penggunaan sistem secara signifikan tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna. Hipotesis 6menunjukkan bahwa penggunaansistem secara signifikan berpengaruh positifterhadap dampak individual. Hipotesis 7 menunjukkan bahwa kepuasan penggunasecara signifikan berpengaruh positif terhadap dampak individual. Hipotesis 8menunjukkan bahwa dampak individual secara signifikan berpengaruh positifterhadap dampak organisasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.IIP.05/12 Han a
Uncontrolled Keywords: E-FILLING
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AYU TRI HANA, 0708107760UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorYunus Abdul Halim, , S.Si., M.Com.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 19 Sep 2012 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 04:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15387
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item