SEPEDA DAN GAYA HIDUP (Study Deskriptif Tentang Anggota Komunitas Bike To Work Di Surabaya)

BOMO SATRIO PRAKOSO, 070610396 (2012) SEPEDA DAN GAYA HIDUP (Study Deskriptif Tentang Anggota Komunitas Bike To Work Di Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-prakosobom-23995-abstract.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-prakosobom-20343-s.2512-sFULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti dengan adanya realitas yang ada dimana memotret sisi lain dari kehidupan kota besar di Indonesia dimana jalan-jalan raya yang setiap harinya dipenuhi sesak mobil dan motor dan Di tengah macetnya Surabaya yang luar biasa, kadang-kadang kalau kemanamana itu males. Kalau nggak jalanan macet, cuaca buruk dan belum lagi banyak peraturan-peraturan lalu lintas., namun secara dewasa ini tumbuh kesadaran dari beberapa komunitas yang menamakan diri sebagai bike to work atau pekerja bersepedah. Dari komunitas ini ingin diketahui tentang makna bike to work pada komunitas bersepedah, latar belakang para gowesser melakukan bike to work pada lingkungan pesepedah. Untuk menganalisa realitas ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan paradigma realita sosial yang secara khusus menggunakan teori interaksi simbolik yang dikemukakan oleh george Hebert mead, yang secara khusus konsep yang digunakan adalah interaksi social secara simbolik.Dalam penelitian ini, dapat diketahui bahwa terdapat muncul kenyataan obyektif baru, bahwa di dunia ini tidak hanya interaksi antara gowesser yang satu ataupun dengan yang lainnya akan tetapi diantara mereka dapat saling bertukar pikiran mengenai hal- hal apa saja yang berkaitan dengan sepeda yang dilandaskan atas hobi yang sama walaupun hanya sekedar komunitas dalam skala pegawai yang bekerja menggunakan alat transportasi yakni sepeda dan yang tergabung dalam komunitas bike to work. Proses dialektika di atas (obyektivasi, internalisasi dan eksternalisasi) akan terjadi secara terus menerus dan tidak akan mencapai sempurna pada setiap individu yang hidup dalam dunia sosialnya dan akan menciptakan makna (stock of knowledge) atas proses dan tindakan yang dialami individu tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 S.25/12 Pra s
Uncontrolled Keywords: BIKE ; WORKER
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
BOMO SATRIO PRAKOSO, 070610396UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSudarso, Drs. , M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 19 Jun 2012 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 07:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15396
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item