POTRET NURTURING PADA IKLAN DALAM MAJALAH KELUARGA (Analisis Semiotik Pada Iklan-Iklan Susu Formula Balita dan Anak Dalam Majalah Ayahbunda)

NANING IKA JAYANTI, 070610167 (2012) POTRET NURTURING PADA IKLAN DALAM MAJALAH KELUARGA (Analisis Semiotik Pada Iklan-Iklan Susu Formula Balita dan Anak Dalam Majalah Ayahbunda). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-jayantinan-24138-abstract.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15424.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengenai bagaimana potret nurturing digambarkan pada iklan-iklan yang ada dalam majalah keluarga. Sebagai sebuah kelompok social terkecil dalam masyarakat, keluarga merupakan tempat awal dari perkembangan anak. Anak sendiri merupakan bagian penting dalam kehidupan. Maka orangtua memiliki tanggung jawab yang tidak mudah. Tiga hal penting dalam melaksanakan pengasuhan anak ini, yaitu controlling, nurturing, dan socializing. Dari ketiga hal tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lain, akan tetapi nurturing merupakan sebuah kegiatan yang sangat penting pada masa pertumbuhan anak dan paling menonjol diantaranya. Sebagai sebuah majalah yang menjadi sumber informasi dalam mengasuh anak ini, tentu saja iklan yang ada di dalam majalah ini merupakan iklan-iklan yang recomended dalam kegiatan pengasuhan. Salah satu iklan yang merupakan kebutuhan terpenting dalam pengasuhan anak adalah iklan susu, sumber nutrisi untuk anak. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori-teori mengenai nurturing, visual image, dan ideologi dalam iklan sebagai panduan. Untuk mengetahui potret nurturing dalam iklan-iklan susu formula untuk balita dan anak peneliti melakukan penelitian kualitatif deskriptif yang memungkinkan untuk mencari pemaknaan mendalam. Pembacaan tanda-tanda dalam teks peneliti menggunakan semiotika Peirce. Peneliti memilih elemen-elemen yang ada pada gambar dan tulisan dalam iklan kemudian dimaknai dan dianalisis. Setelah melakukan pembacaan, peneliti menemukan bahwa nurturing dalam iklan-iklan ini ditujukan untuk balita dan anak dengan cara memberi nutrisi khususnya untuk pertumbuhan fisik anak, selain itu nurturing merupakan sebuah kegiatan domestic yang dilakukan hanya oleh perempuan (ibu) dan terdapat bias kelas di dalam iklan-iklan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.16/12 Jay p
Uncontrolled Keywords: NURTURING ; VISUAL IMAGE ; MASS MEDIA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
NANING IKA JAYANTI, 070610167UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Moerdijati, Dra. , MS.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 05 Jul 2012 12:00
Last Modified: 07 Jun 2017 16:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15424
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item