PROSES INTERNAL BRANDING YANG DILAKUKAN OLEH CPR PT. BANK NEGARA INDONESIA (Persero) Tbk. (BNI) WILAYAH JAWA TIMUR TERHADAP PERUBAHAN MANAJEMEN ORIENTASI LAYANAN PRODUCT CENTRIC MENJADI CUSTOMER CENTRIC

Alifah Puspawanti, 070710533 (2012) PROSES INTERNAL BRANDING YANG DILAKUKAN OLEH CPR PT. BANK NEGARA INDONESIA (Persero) Tbk. (BNI) WILAYAH JAWA TIMUR TERHADAP PERUBAHAN MANAJEMEN ORIENTASI LAYANAN PRODUCT CENTRIC MENJADI CUSTOMER CENTRIC. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-puspawanti-24220-abstract.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15428.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini mengenai proses internal branding yang sedang berlangsung di salah satu perusahaan perbankan Indonesia yang sedang mengalami perubahan tipe manajemen inovatif. Perubahan ini mengacu pada perubahan orientasi pelayanan perusahaan dari product centric dan customer centric dan berpengaruh pada perubahan budaya organisasi. Perusahaan ini adalah PT. Bank Negara Indonesia Tbk. Peneliti ingin mendeskripsikan proses internal branding yang dilakukan oleh BNI dengan melalui beberapa teknik. Selain itu bagaimana peran PR dalam menghadapi perubahan, dan bagaimana program-program dijalankan untuk mensukseskan perubahan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Diharapkan dengan metode dan penelitian ini dapat memberikan gambaran bagaimana proses internal branding yang berlangsung di BNI. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses internal branding di BNI telah berjalan sejak Januari 2009 hingga Oktober 2010. Dimana pada tahun 2009 merupakan proses bagi seluruh karyawan untuk mengikuti training. Kemudian di tahun 2010 menjadi bentuk aplikasi (praktik) dari proses training. BNI menggunakan enam teknik internal branding yaitu komunikasi internal, training support, praktek-praktek kepemimpinan, penghargaan dan pengakuan, praktek-prakltek rekruitmen, dan faktor-faktor ketahanan. Selama proses internal branding berlangsung, BNI juga menggunakan berbagai meda internal baik cetak, elektronik, dan orang per orang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.20/12 Pus p
Uncontrolled Keywords: INTERNAL BRANDING ; PUBLIC RELATION
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1811-2351 Special classes of banks and financial institutions
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Alifah Puspawanti, 070710533UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYan Yan Cahyana, Drs. , MAUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 19 Jul 2012 12:00
Last Modified: 07 Jun 2017 16:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15428
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item