OPINI PEMBACA DI SURABAYA TERHADAP MAJALAH YANG MEMUAT TENTANG RUBRIK FASHION (Studi Deskriptif mengenai Opini Pembaca di Surabaya Terhadap Majalah Yang Memuat Tentang Rubrik Fashion)

Aju Anggita Sih Kawedar, 070216618 (2012) OPINI PEMBACA DI SURABAYA TERHADAP MAJALAH YANG MEMUAT TENTANG RUBRIK FASHION (Studi Deskriptif mengenai Opini Pembaca di Surabaya Terhadap Majalah Yang Memuat Tentang Rubrik Fashion). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-kawedaraju-24244-abstract.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-kawedaraju-20607-fis.k.26-oFULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini, masyarakat hidup dalam suatu lingkungan media yang dapat berubah dengan cepat. Beberapa tahun yang lalu, sebagian besar masyarakat tidak pernah mendengar multimedia atau internet. Masyarakat hampir tidak bisa membaca surat kabar atau majalah tanpa melihat salah satu atau keduanya. Bentuk perubahan yang terjadi dalam lingkungan media sangat bervariasi, seperti halnya koran yang mengalami penurunan jumlah pembaca pada waktu tertentu. Begitu juga dengan Opini Khalayak Pembaca Surabaya Terhadap majalah yang memuat tentang rubrik fashion. Dalam penelitian ini media yaitu majalah memberikan dan menyampaikan berita atau pesan terhadap khalayaknya. Dalam penelitian tentang opini ini, media bersifat satu arah, yang berarti khalayak tidak memberikan umpan balik atau memaknai sebuah pesan, melainkan member opini terhadap pesan yang disampaikan oleh media kepada khalayaknya. Dalam hal ini khalayak memberikan opini terhadap rubric fashion di majalah. Perumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimana opini khalayak pembaca Surabaya terhadap majalah yang memuat tentang rubric fashion. Menggunakan kerangka teori Stimulus-Respon, kemudian Teori Pembentukan Opini, Opini Khalayak, majalah sebagai komunikasi massa. Kemudian metodologi dalam penelitian ini menggunakan metode survey-kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Menggunakan sampel berjumlah 50 orang dalam penelitian ini. Lokasi penelitian ini bertempat di Mall Plasa Tunjungan Surabaya karena terletak di pusat kota yang memungkinkan responden dalam ini bersifat heterogen. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa opini khalayak terhadap majalah yang memuat tentang rubric fashion adalah responden yang cenderung ke arah opini favourable atau menyukai rubric fashion. Rubrik fashion di majalah merupakan rubrik yang disukai oleh khalayak pembaca. Hal ini terlihat jelas pada prosentase pada masing-masing pernyataan. Bahwa kecenderungan arah opini khalayak pembaca bersifat favourable atau lebih menyukai adanya rubric fashion. Opini-opini yang ada dalam pernyataan tersebut dapat terlihat bahwa rubric fashion memang disukai oleh khalayak pembaca. Hadirnya model dalam rubric fashion menjadikan sebuah rubric fashion di majalah jadi lebih menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.26/12 Kaw o
Uncontrolled Keywords: READERS OPINION ; MAGAZINE
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1865-1988 Special types
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Aju Anggita Sih Kawedar, 070216618UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRachmah Ida, Dra., M.Com.,Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 23 Jul 2012 12:00
Last Modified: 15 Sep 2016 03:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15434
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item